Perjalanan

Edukasi dan Kunjungan di Depo KRL DEPOK

(Sumber : Pribadi)
Bagi para pengguna setia moda transportasi Kereta Rel Listrik Commuter line JABODETABEK atau pun para penggemar kereta api (RAILFANS) sudah tidak asing lagi dengan kata Depo. Depo merupakan tempat perawatan, perbaikan, penggantian suku cadang dan tempat istirahatnya KRL yang berdinas setiap hari mengantar penumpang ke segala tujuan, Depo juga menyediakan tempat beristirahat untuk para masinis yang selesai berdinas pada malam hari, di jabodetabek sendiri saat ini memiliki 3 Depo KRL yaitu Depo KRL Depok, Dipo KRL Bukit Duri, dan Depo KRL Bogor. Nah, pada hari kamis tangga 19 Oktober 2017 saya dan teman-teman komunitas KRL MANIA berkesempatan untuk mengunjungi salah satu Depo KRL terbesar yang berada di Depok Jawa Barat.
 
Kami yang berjumlahkan sekitar 15 orang memulai perjalanan dengan Meeting Point di stasiun Depok jam 08.00 wib. Dari stasiun sudah ada 2 orang rekan yang menjemput kami dengan mobil pribadi untuk melanjutkan perjalanan menuju lokasi, hanya butuh waktu sekitar 5-10 menit perjalanan untuk sampai di tujuan. Sesampainya di Depo KRL Depok, dengan menunjukan undangan kunjungan rombongan kami langsung di arahkan ke dalam kantor 
 
(Sumber : Pribadi)
 
Depo untuk berdiskusi dan sharing santai bersama pihak PT. KCI (Kereta Api Commuter line Indonesia). Kami di sambut dengan mas Akbar Marcom PT. KCI dan Pak Suharjo Kepala Depo Depok sebagai narasumber. Pak Suharjo mengatakan kalau Dipo KRL Depok adalah salah satu Dipo yang terbesar di Asia Tenggara dan Depo KRL Depok ini di resmikan oleh presiden ke 6  Bapak Susilo Bambang Yudhoyono pada tanggal 22 januari 2008,  dengan adanya lonjakan pengguna KRL yang kurang lebih 800rb setiap hari, hampir setiap hari juga di lakukanya perawaratan kereta di Depo ini. Perawatan meliputi :
  1. Perawatan harian, seperti pemeriksaan bahan bakar kereta ataupun identifikasi bila ada kerusakan pada kereta  
  2. Perawatan mingguan seperti memeriksa suku cadang kereta, roda kereta yang bila sudah menipis harus di ganti.
  3. Serta Perawatan bulanan.

 

Dilakukanya perawatan ini agar kereta dapat berdinas dengan lancar dan bisa mengangkut penumpang dengan aman dan lancer untuk sampai ke tujuan, lalu Mas Akbar juga mengatakan untuk sarana dan prasarana saat ini semakin baik namun, bukan berarti tidak ada masalah. Salah satu masalah atau gangguan yang saat ini terjadi dan di sering rasakan oleh penumpang hampir setiap hari adalah antrian KRL menuju stasiun Manggarai saat jam pulang kantor, Mas Akbar mengatakan antrian yang saat ini terjadi karena sedang di lakukanya pergantian sistem persinyalan yang ada di stasiun Manggarai sehingga mengakibatkan antrian. Selain itu PT. KCI hanyalah sebagai operator yang menjalakan KRL yang mana jika terjadi gangguan seperti gangguan persinyalan, kelistrikan ataupun kereta anjlok dsb, mereka harus berkoordinasi dengan pihak lain yang lebih berwenang seperti Dirjen serta DAOP (Daerah Operasi) di bawah naungan PT.KAI.
 
(Sumber : Pribadi)
Setelah berdiskusi singkat tentang seputar Depo KRL, kami mulai di ajak untuk berkeliling sambil melihat lihat suasana yang ada Depo. Saat berkeliling kami di temani oleh Pak Fredi Direktur Teknik PT. KCI dan Mas Akbar tentunya, Depo depok sendiri menerima kiriman seperti suku cadang, roda dll pada malam hari, karena barang2 kiriman ini banyak yang di angkut oleh Truk Kontainer sehingga tidak memungkinkan apabila di bawa pada pagi / siang hari karena akan menyebabkan kemacetan ujar Pak Fredi. 
(Sumber : Pribadi)
 
Saat berkeliling kami melihat setumpukan roda kereta yang baru datang di impor dari jepang dan berbicara tentang roda kereta sendiri, Pak Fredi menjelaskan kerusakan yang sering terjadi pada roda kereta di sebabkan oleh benda2 yang mungkin tidak sengaja terlindas seperti yang sering terjadi ialah roda melindas paku, kejadian ini sering menyebabkan roda kereta benjol “istilah orang teknik Depo” sehingga roda harus segera di ganti apabila kereta pulang ke Depo. 
 
(Sumber : Pribadi)
 
Setelah melewati setumpukan roda baru kami melipir di tempat perbaikan ac kereta, ada satu hal menarik yang saya tangkap dari penjelasan Pak Fredi tentang ac kereta ini, beliau berkata kadang ada banyak keluhan pengguna kereta yang ac nya tidak terlalu dingin, hal ini terjadi karena kita mengimpor kereta yang berasal dari negeri 4 musim. Makanya jika perawatan sudah maksimal dan ac kereta tidak terlalu dingin karena sudah settingan dari negara asalnya seperti itu. 
 
(Sumber : Pribadi)
 
Dari tempat perbaikan ac lalu kami di ajak melihat lihat kereta yang sudah lama tidak beroprasi karena sudah benar2 rusak dan tidak di pakai lagi,di tempat ini kami berhenti cukup lama untuk berselfie ria di depan kereta2 yang sudah lama tidak terpakai. Sayang, perjalan terlalu singkat untuk mengelilingi Depo yang sebesar ini, dan harus di akhiri karena cuaca semakin gelap ditambah gerimis semakin lebat. Kami tentunya sangat senang dengan kunjungan edukasi dan sharing santai kali ini, terutama bagi saya yang kali pertama melihat dan mengunjungi Depo kereta api.
Show More

Related Articles

2 thoughts on “Edukasi dan Kunjungan di Depo KRL DEPOK”

  1. Wihhhh jadi kalian diundang atau mengajukan diri perizinan yah? Kalo di atas dikatakannya sie menunjukkan undangan mas.. Mungkin boleh diinfokan undangannnya utk umum atau bagaimana? Hihii.. Sbg KRL mania, cukup seru yha ini kunjungannya?

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close