Kata Dayu

Kuliah Itu Tidak Enak…

kuliah itu tidak enak

Begitu banyak diantara teman-teman di rumah saya yang menyatakan kuliah itu tidak enak, membuang waktu, uang banyak, dan sebagainya. Memang benar, kuliah itu terkadang ada enaknya dan tidak enaknya. Semua tergantung kita yang menjalani, terlebih lagi jika kita kuliah sambil bekerja.

Sudah setiap hari harus pusing memikirkan tugas kantor, kata-kata pedas dari pelanggan atau kolega perusahaan, bos dan yang lainya. Beruntung bagi keluarga yang mempunyai biaya lebih, sehabis lulus SMA/SMK bisa melanjutkan sampai ke bangku kuliah. Tetapi jika kita tidak mempunyai biaya lebih bukan berarti kita tidak bisa kuliah.

Ada banyak beasiswa yang pemerintah berikan untuk siswa-siswi berprestasi namun kurang mampu secara finansial. Selain itu juga untuk karyawan yang sibuk dengan pekerjaan tetapi ingin melanjutkan pendidikan ke jenjang yang lebih tinggi. Ada banyak kampus yang menyelengaarakan kuliah secara online maupun kuliah di akhir pekan. Semua tergantung dari diri kita masing-masing apakah masih mau melanjutkan kuliah sehabis lulus SMA/SMK atau tidak.

Nah jadi, kira-kira begitulah kurang lebihnya gambaran singkat untuk dunia perkuliahan, sesuai judul di atas. Berikut beberapa hal yang menyebabkan Kuliah Itu Tidak Enak versi saya:

  1. Kuliah Itu Tidak Enak Kalau Tidak Dinikmati.

Kuliah Itu Tidak Enak kalau tidak dinikmati
Sumber : www.lsdsir.org

Ya, jika kalian sudah masuk bangku kuliah, bagaimanapun caranya kalian harus menikmati. Biarpun di tengah jalan kalian merasakan titik jenuh, percayalah bahwa usaha tidak akan membohongi hasil. Banyak cara agar dapat menikmati kuliah, salah satunya ikut organisasi untuk mahasiswa regular. Atau sering-seringlah mengadakan acara seperti main futsal bersama atau kumpul sekedar makan untuk mahasiswa kelas karyawan seperti saya. Karena pada dasarnya, segala sesuatu itu akan menjadi tidak enak jika tidak dinikmati.

  1. Kuliah Itu Tidak Enak Kalau Tidak Ada Dosen.

Kuliah itu tidak enak kalau tidak ada dosen
By : Dayu

Mungkin dalam hal ini, ada sebagian mahasiswa yang senang jika dosen tidak masuk. Tetapi tidak untuk saya dan sebagian teman-teman saya yang kuliah di kelas karyawan. Karena kami merasa rugi jika ada dosen yang tidak hadir atau tidak masuk kelas saat jam kuliah. Rugi karena jika ada kelas pengganti dihari biasa, karena beberapa dari kami ada yang bekerja shifting seperti saya. Maka jika kami tidak masuk pada kelas pengganti yang diberikan akan rugi ketinggalan materi. Lain halnya waktu saya sekolah, jika ada pemberitahuan bahwa guru yang mengajar tidak akan masuk. Maka merdekalah saya dan teman-teman menikmati jam kosong dengan berbagai cara.

  1. Kalau Belum Bayaran

Kuliah itu tidak enak kalau belum bayara
Sumber : www.stkipmpagaralam.ac.id

Nah kalau yang satu ini benar-benar bikin pusing juga bisa menyebabkan kuliah  itu tidak enak. jika kalian kuliah kelas karyawan dan belum bayaran ketika mau UTS ataupun UAS. Ini benar-benar membuat sakit kepala, apalagi ditambah jika gajian terlambat. Lain halnya dengan kalian yang mendapat beasiswa dari kampus, sudah pasti tidak akan merasakan hal yang seperti ini. Atau mungkin kalian yang kuliah regular yang suka menyalahgunakan uang bayaran pasti tidak akan memikirkan hal ini. Patut diingat, menyalahgunakan uang bayaran apalagi masih meminta kepada orang tua pasti akan kena karma loh hehehhe. Oke skip.

  1. Lupa Mengerjakan Tugas

Kuliah itu tidak enak Lupa mengerjakan tugas
Sumber : www.estetikapers.com

Nah kalau kalian pernah tidak mengalami situasi yang satu ini, saya sih jarang sekali terlibat di dalamnya. Tetapi kalau kalian mengalami dan benar-benar lupa mengerjakan tugas apalagi itu adalah tugas dari dosen killer sungguh menyebalkan bukan. Tetapi semua tidak akan terjadi jika kita bisa mengantisipasi dan selalu membuka materi-materi yang didapatkan dari dosen.

Baca juga : Diskusi Senja Bersama Penulis Keluarga Tak Kasat Mata

  1. Absen dan Ternyata Ada Quiz

Kuliah itu tidak enak kalau Bolos
Sumber : 1Cak.com

Apakah kalian pernah merencanakan suatu perjalanan, atau kegiatan dan terpaksa harus absen masuk kampus. Saya pernah melakukan hal ini tetapi beruntungnya saat saya absen tidak ada quiz, tugas dsb. Namun jika saat kalian tidak masuk dan ternyata ada quiz atau pengumpulan nilai akhir ini pasti benar-benar menyebalkan. Jadi kita harus meminta keringanan pada dosen untuk tugas susulan supaya nilai tidak tertinggal.

  1. Salah Masuk Ruangan

Kuliah itu tidak enak kalau salah masuk ruangan
By : Dayu

Momen yang satu ini saya pernah mengalami, mengalami kejadian ini di kelas tetapi bukan saya. Sewaktu kami sedang belajar mata kuliah Arsitektur Komputer, ada 2 orang yang salah masuk kelas kami. Lucunya, mereka baru menyadari setelah mata kuliah berakhir. Karena dosen baru absen diakhir jam kuliah, ada 2 orang yang merasa belum disebutkan namanya dalam absen. Lalu mereka bertanya pada dosen apakah saat itu adalah jam mata kuliah Bahasa Inggris padahal bukan. Sungguh terlalu  mereka berdua, padahal kami belajar sekitar 1 jam 30 menit tetapi mereka tidak menyadari. Entahlah apa yang mereka pikirkan, mungkin mereka sedang banyak masalah hihihihi.

  1. Putus Dengan Pacara Karena diSelingkuhi Oleh Dosen Sendiri

Kuliah itu tidak enak
Sumber : www.briliagung.com

Kalau yang satu ini seperti judul sinima pagi atau sinetron yah, tapi coba bayangkan. Misal kejadian ini menimpa diri kita pasti kuliah kita akan terganggu. Terganggu melihat mantan yang bahagia dengan dosen sendiri hehehehe.

Itulah beberapa yang menyebabkan kuliah itu tidak enak versi saya. Semua hal apapun itu jika kita tidak menikmatinya pasti tidak akan enak.

~Sekian

Tags
Show More

Related Articles

25 Comments

  1. Foto kang Yayat kenapa ada disana? Bikin greget.
    Yang 2 orang salah masuk ruangan, apakah karena pas pertama kali perkuliahan? Masak gak ngenalin dosennya.

  2. Boleh ya saya hahahaha dulu. Secara pribadi kuliah adalah masa pendidikan yang paling menyenangkan untuk saya, mungkin karena merasa ‘gue banget’, apapun kendala jadi terasa indah…..

  3. No. 5 dan 6 pernah ngalamin juga.
    Pas banyak kerjaan eh ternyata quiz, yaweslah buru-buru kabur ke kampus biar bisa ikutan quiz. Nah kalo no 6 pernah juga karena kelasnya sampingan gitu, tapi nggak sampe masuk ke kelas, pas buka pintu sadar nggak ada yang kenal langsung tutup pintu terus kabur haha

  4. Hahahahaha kena bnget ya day hahaha. Sabaar ajaaaaa nikmatin semua akan indah pada waktunya kok soalnya sama dulu juga kerja sambil kuliah,malah weekday kerja dan weekand dipake kuliah full tapi demen piknik.. Jadilah begitu hahahaaaa. Good job chayo yaaa…soalnya ceritanya berasa ntr klo udh lulus ada pasang naik turunyaa kyk naik tornado hahaha

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close