PerjalananLintas DaerahPendakian Gunung

Danau Gunung Tujuh, Surga Tersembunyi di Balik Gunung kerinci.

Danau Gunung Tujuh

Setelah saya melakukan Pendakian Gunung Kerinci, saya dan teman-teman tim Pendakian Kerinci Backpacker Jakarta melanjutkan petualangan ke Danau Gunung Tujuh. Danau ini sendiri memiliki ketinggian sekitar 2.735 Meter di Atas Permukaan Laut (Mdpl). Ketinggian Danau Gunung Tujuh yang di atas 2000 Mdpl menjadikannya Danau tertinggi di Asia Tenggara.

Dari berbagai sumber yang saya baca di internet, Danau Gunung Tujuh menjadi wilayah yang sudah ditetapkan oleh UNESCO loh, sebagai salah satu situs warisan dunia yang ada di Pulau Sumatera khususnya di Jambi. Danau Gunung Tujuh pun termasuk dalam Kawan Taman Nasional Kerinci Seblat kawan.

Danau Gunung Tujuh, Tujuan Kedua Pendaki Setelah Mendaki Gunung Kerinci.

Danau tertinggi di asia tenggara, Danau indah di jambi
Mengintip keindahan danau (pic by: Dayu Anggoro)

Bagi para pendaki yang sudah selesai mendaki Gunung Kerinci, menurut saya rasanya tidak afdol jika tidak bermalam di pinggir Danau ini. Namun sayang sekali, waktu itu kami tidak sempat camping di Danau Gunung Tujuh karena keterbatasan waktu. Padahal, melihat matahari terbit atau tenggelam di tempat ini, akan sangat memanjakan mata karena pesonanya yang memukau.

Banyak yang bilang kalau Danau Gunung Tujuh ini adalah Ranu Kumbolonya Sumatera benar tidak. Hemmm mungkin disebut demikian, karena untuk sampai ke tempat ini kita harus mendaki ke ketinggian 2700san mdpl, wow. Lanjut ke cerita yuk, mobil pick up yang mengantar kami saat ingin mendaki Kerinci sudah siap menunggu.

Artikel Pendakian Lainnya : Pendakian Gunung Papandayan

Pendakian Gunung Slamet via Bambangan

Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Persiapan Mendaki Danau Gunung Tujuh

danau gunung tujuh, danau,danau gunung tujuh tertinggi di asia tenggara, pendakian danau gunung tujuh, wisata danau, danau di jambi,
Di Depan Pos Registrasi Pendakian (pic by: Dayu Anggoro)

Ketika semua tim telah berkumpul, kami langsung menaiki mobil pick up ini untuk mencapai gerbang pendakian Danau Gunung Tujuh. Dari Base Camp yang sekaligus tempat kami menginap selama berada di Kayu Aro, menempuh waktu sekitar 2jam perjalanan untuk mencapai gerbang pendakian.

Sepanjang jalan terlihat Gunung Kerinci dengan gagahnya berdiri, disambut dengan barisan pegunungan Kawasan Taman Nasional Kerinci Seblat yang sangat indah. Rasa capai setelah mendaki Kerinci pun hilang dengan suasana yang sejuk dan memanjakan mata.

Setelah menempuh 2 jam perjalanan menggunakan mobil, kami sampai di gerbang pendakian Danau Gunung Tujuh. Berdoa sebelum melakukan pendakian dan perjalanan adalah hal wajib untuk kami. Selesai berdoa saya dan tim langsung berjalan perlahan melewati gerbang pendakian.

Start Awal Pendakian

danau gunung tujuh, danau,danau gunung tujuh tertinggi di asia tenggara, pendakian danau gunung tujuh, wisata danau, danau di jambi,
Pendakian pun Dimulai

Hutan yang masih lebat juga Susana sepi menemani kami selama di jalur pendakian. Oh ya, mendaki Danau Gunung Tujuh ini sama sekali tidak ada bonus. Keadaan jalan terus menanjak dari gerbang pendakian sampai titik puncak. Sekitar kurang lebih 2 jam mendaki, kami sampai di titik puncak Danau Gunung Tujuh.

Sesampainya di puncak yang ada bangunan seperti pos – pos pendakian gunung, kami masih harus jalan menurun dengan kemiringan yang lumayan curam. Karena untuk sampai ke Danau, setelah berjalan menanjak, kami harus melalui jalan menurun untuk sampai ke Danau.

Seperti halnya mendaki Gunung Kerinci, mendaki Danau Gunung Tujuh kami pun harus melalui jalur yang dipenuhi oleh akar pohon besar. Tidak jarang teknik memanjat atau bergelantungan masih diperlukan untuk sampai ke Danau.

danau gunung tujuh, danau,danau gunung tujuh tertinggi di asia tenggara, pendakian danau gunung tujuh, wisata danau, danau di jambi,
Di Jalur Pendakian Menuju Danau

Setelah kurang lebih 20 menit melalui jalur turunan yang agak curam, pemandangan perairan sudah Nampak oleh kami. Kami disambut dengan pemandangan jejeran gunung yang ada di sekitar Danau Gunung Tujuh. Sampai di tepian Danau kami langsung mencari tempat untuk memasak perbekalan yang kami bawa.

Artikel Pendakian Lainnya : Gunung Andong dan Pesona Alamnya yang Indah

Pendakian Gunung Prau via Dieng

Tiba di Danau dan Menikmati Keindahan Alamnya

danau tertinggi di asia tenggara, pendakian danau gunung tujuh, wisata danau, danau di jambi,
Berpose di Pohon tumbang Danau

Oh ya kawan, di Danau ini ini jika kalian ingin berenang diperbolehkan loh. Lain halnya dengan Ranu Kumbolo di Jawa Timur yang tidak boleh berenang, karena Ranu Kumbolo adalah Danau Suci dan hanya diperbolehkan mengambil airnya saja tanpa harus mengotori Danau.

Ketika sudah mendapatkan tempat untuk memasak dan istirahat, kami langsung mengeluarkan semua perbekalan yang kami bawa. Dari mulai kopi, the, cemilan, hingga makan berat. Menikmati makan siang di pinggiran Danau yang dikelilingi 7 Gunung ini sangatlah terasa nikmat. Hamparan air Danau yang jernih serta suasana yang sepi menjadikan Danau Gunung Tujuh Jambi ini bagaikan surga yang tersembunyi.

Semoga Danau yang indah tetap lestari dan terjaga keindahan alamnya dari pengunjung-pengunjung yang tidak bertanggung jawab.

~Terima kasih.

Tags
Show More

Related Articles

2 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker