Lintas DaerahPerjalanan

Wisata Taman Air Sabda Alam Garut

Apakah kalian sedang mencari tempat berlibur dengan nuansa alam yang bisa membuat pikiran fresh dan juga menyegarkan tentunya? Cobain deh, berkunjung ke wisata Taman Air Sabda Alam Garut. Tempat yang tentunya akan memberikan kalian pengalaman berendam yang tak terlupakan, di tengah indahnya alam dan pegunungan daerah Kabupaten Garut.

Beberapa waktu yang lalu, saya dan keluarga berlibur ke Taman Air panas ini (Sabda Alam Garut), kami mengunjungi tempat wista ini saat tengah pekan alias weekday.

Wisata Taman Air panas Sabda Alam Garut menjadi pilihan destinasi untuk kami karena, kami ingin merasakan sensasi berbeda saat berenang di kolam air panas, yang daerahnya memiliki hawa sejuk serta pemandangan alam yang indah dan juga dikelilingi oleh pegunungan.

Perjalanan Menuju Lokasi Taman Air Sabda Alam Garut

di Depan Pintu Masuk Taman Air Sabda Alam Garut

Perjalanan kami mulai dari rumah di Cileunyi Kabupaten Bandung menggunakan mobil, kami berangkat ketika hari menjelang siang. Total perjalanan yang kami tempuh dari Cileunyi menuju lokasi kurang lebih dua jam perjalanan, dengan sedikit macet dan juga istirahat di mini market di tengah perjalanan.

Oh ya kawan, Lokasi Taman Air Sabda Alam Garut ini berada di Jalan Raya Cipanas Nomor 3, Rancabango,Tarogong Kaler, Garut, Jawa Barat.

Untuk mengunjungi tempat ini menurut saya lebih mudah memakai kendaraan pribada baik mobil atau pun motor. Karena jika naik angkutan umum, agak sedikit sulit karena tempatnya yang agak jauh dari jalan raya utama Garut.

Tak berselang lama, akhirnya kami tiba juga di lokasi Wisata Taman Air Sabda Alam Garut. Kami langsung memarkirkan mobil dan menuju pintu masuk dan loket pembelian tiket.

Fasilitas, Harga Tiket Masuk, dan Jam Operasional Taman Air Sabda Alam Garut.

Menikmati Wisata Alam Garut

Tempat parkir di sini menurut saya sangat luas dan mampu menampung banyak kendaraan baik bus mau pun mobil pribadi. Selain itu, parkiran motornya juga sangat luas, ditambah banyak warung yang menjual makanan dan minuman di sekitar area parkiran.

Ketika semua keluarga sudah berkumpul di area lobi, kami langsung membeli tiket masuk. Harga tiket masuknya sendiri (Pada bulan Januari 2023) menurut saya cukup lumayan, dan sebanding dengan fasilitas yang ada, dan berikut detail harganya.

Harga tiket:
Senin – Jumat     Rp. 45.000
Sabtu – Minggu   Rp. 60.000

Untuk jam operasional Taman Air Sabda Alam Garut ini, buka mulai pukul jam 09.00 WIB dan tutup pada pukul jam 16.00 WIB.

Setelah membeli tiket, kami langsung masuk ke dalam dan mencari tempat untuk berkumpul. Oh ya kawan, di tempat ini ada beberapa gazebo yang bisa digunakan untuk tempat beristirahat, dan juga tentunya menaruh barang bawaan.

Selain gazebo, di dalam area kolam renang juga terdapat musala yang cukup luas untuk umat muslim beribadah. Kami mendapatkan gazebo kosong yang agak jauh dari kolam, meski pun waktu itu kami ke sana pada hari biasa alias weekday. Tempat rekreasi ini lumayan banyak dikunjungi oleh pengunjung.

Selanjutnya kami beristirahat sejenak di gazebo sambil mengisi perut dengan bekal yang kami bawa dari rumah. Sebetulnya di dalam kolam renang ini juga terdapat beberapa stand penjual makanan dan minuman, tetapi kami lebih memilih untuk membawa bekal dari rumah (mode hemat hehe).

Ketika perut sudah mulai terisi dan dirasa cukup, serta tenaga mulai kembali penuh. Saatnya kami mulai bersenang-senang alias mulai nyebur ke kolam, tak lupa kami berganti baju dahulu sebelum nyebur ke kolam. Fasilitas tempat berganti pakaian serta kamar mandi untuk bilas ada beberapa, jadi tak perlu khawatir untuk antri meski pun pengunjungnya banyak.

Beberapa Kolam di Wisata Taman Air Sabda Alam Garut

Kolam busa Taman Air Sabda Alam Garut
Kolam busa Taman Air Sabda Alam Garut (Sumber: https://www.instagram.com/sabdaalam.garut/)

Selain kolam biasa dan kolam anak-anak, ada beberapa kolam yang menjadi favorit pengunjung di Taman Air Sabda Alam Garut Sabda Alam Garut seperti:

• Kolam mandi busa yang beroperasi dari jam 13.00 WIB sampai dengan jam 16.00 WIB.
  • Kolam ombak yang beroperasi senin – jumat jam 13.00 WIB sampai jam 16.00 WIB, selain itu kolam ombak ini jika weekend beroperasi dari jam 09.20 WIB sampai jam 16.00 WIB.
Kolam Ombak Taman Air sabda alam garut
Kolam Ombak Taman Air sabda alam garut (Sumber: https://www.instagram.com/sabdaalam.garut/)

Pertama-tama saya dan istri ke kolam anak-anak terlebih dahulu, mengajak anak bayi kami untuk pertama kalinya nyebur di kolam air hangat. Tentunya, dengan pendampingan dan pengawasan kami agar terhindar dari hal yang tidak diinginkan.

Setelah dirasa cukup mengajak si kecil untuk nyebur sekitar 10 menit, akhirnya kami kembali ke gazebo untuk mengistirahatkan si kecil, tidak lupa sebelum istirahat kami mandikan serta gantikan baju dulu agar si kecil tidak masuk angin.

Selanjutnya si kecil kami titipkan ke bibi dan pamanya yang sudah lebih dulu nyebur serta sedang beristirahat. Kolam pertama yang saya coba dengan istri adalah kolam ombak.

Kolam ombak ini salah satu yang favorit di Wisata Kolam Air Panas Sabda Alam Garut karena, ketika mau dimulai, banyak pengunjung yang memadati kolam ini. Dan tentunya saya memakai ban yang disewa agar aman bermain di kolam ombak.

Puas menikmati kolam ombak, saya dan istri lanjut main perosotan yang lumayan tinggi, setelah itu kami hanya berendam di kolam sambil memandangi alam dan gunung dari dalam kolam.

Setelah dirasa cukup puas bermain di Taman Air Sabda Alam Garut Sabda Alam Garut, kami beristirahat sebentar karena hujan mulai turun. Selanjutnya kami bergantian mandi dan berganti pakaian, serta beres-beres barang bawaan.

Ketika hari mulai sore dan kolam juga sudah mau tutup, akhirnya kami Bersiap-siap untuk pulang. Sebelum pulang, kami menyempatkan diri untuk salat ashar sejenak. Lalu sempat berfoto di depan area parkir dengan latar pegunungan yang indah.

Cukup sekian cerita perjalanan wisata saya dari Kabupaten Garut, apabila ada kesalahan dalam cerita dan penulisan mohon dimaafkan.

~Terima Kasih Sudah Membaca 😀

Baca Juga Artikel Abang Dayu Lainnya:

Menikmati Keindahan Alam Situ Cisanti

Explore Keindahan Situs Candi Cangkuang dan Kampung Pulo

Kebun Teh Jangkung Malabar, Wisata yang Eksotis.

Curug Cisurian, Keindahan Alam di Kabupaten Kuningan.

Dayu Anggoro

Penyandang disabilitas yang hobi jalan dan kulineran. (Follow IG & twitter @abangdayu- email dayuag16@gmail.com)

Related Articles

27 Comments

1. waaah seharian ya main di taman air sabda alam. Worth it dengan HTM-nya karena memang betah bisa main sampai sore di sana. Kayaknya pengunjung nungguin kolam ombak dan kolam busa karena mulainya siang.

2. Sabda Alam memang terkenal dengan kolam ombak nya. Itu yg bikin anak anak dan juga orang tua betah dan kembali ke sana. Hehehe….
    Kalau saja bisa nginap di sana bakalan lama berendam dalam air panasnya ya …

3. Asik juga ya boleh bawa bekal dari rumah. Karena beberapa waterpark melarang bawa makanan/minuman sendiri. Harus beli di area. Padahal main air bisa bikin laper terus. Lumayan juga bujetnya buat beli makan dan minum.

4. wah kapan ya saya terakhir kali jalan2 ke Sabda Alam, kayaknya 5 tahun yang lalu deh. Btw kolam busa dan kolam ombaknya menarik juga nih, jadi pengen ajak anak2 kesana 🙂

5. Waah asyik banget aku liat gambarnya, jadi pengen berkunjung juga. Tapi kok jauh ya, ke Garut dulu, hehe. Di Surabaya sini aku belum pernah liat ada kolam busa begitu. Ini bener2 favoritnya anak2 sih, bisa2 ntar anakku gak mau diajak pulang, wkwkwk…

6. Seru banget itu ada kolam busa.
    Keknya kalau daku bawa ponakan bakalan seneng banget dah mereka.
    Cuma ya ngajak pulangnya kudu cerdas haha

7. Anak-anak pasti seneng deh ini kalo diajak ke Taman Air Sabda Alam di Garut ini. Bagus view-nya yaa.. Ada kolam ombak sama kolam busa juga lagi.. 😀 Kapan-kapan pingin juga jalan-jalan ke Garut 😀

8. Asik banget ini kak, salfok di kolam busa, baru ini saya tahu ada kolam busa, unik banget..
    Fasilitasnya juga keren, memadai banget terutama parkirnya ituuuhh…

9. Sudah lama gak ke Garut sampai lupa kalau Garut tuh punya wisata pemandian yang bagus-bagus. Kapan-kapan ke Garut lagi harus banget ke Taman Air Sabda Alam ini nih. kebetulan ponakanku suka banget main air, pasti happy banget dia main-main di kolam seharian.

10. setujuuuu .. Garut is beautiful!
    Aku baru sekali ke Garut dan terpesona sama keindahan, keramahan penduduk, air panasnya (aku nginep di hotel yang menyediakan kolam renang air panas) … sayangnya jalanan yang ke arah kota agak kurang rapih ya