AcaraUlasan

Aplikasi GERMAS PAS, Cara Aman Memilih Panganan Sehat.

Assalamualaikum kawan, biasanya kalau kita ingin memilih tempat makan tuh, yang pasti menunya enak, harga terjangkau, dan mudah ditemui yakannnn. Nah selain itu, tempat makan yang sedang hits di media sosial atau yang sedang viral biasanya menjadi incaran banyak masyarakat dan anak muda. Tetapi.. apakah kita sudah tahu, tempat makan tersebut sudah aman dan terjamin kesehatannya.

Aman dengan menggunakan bahan-bahan yang fresh dan tidak membuat kita keracunan. Serta aman dikonsumsi dan menyesuaikan dengan kantong kita pastinya hehe. Dari permasalahan aman atau tidaknya suatu tempat makan yang sehat atau tidak, Kementerian Kesehatan RI memberi solusi dengan meluncurkan aplikasi yang mampu untuk mengetahui apakah sebuah tempat makan aman dan sudah bersertifikasi melalui basis data yang update dan akurat.

Peluncuran Aplikasi GERMAS PAS

gemas pas

Dalam rangka peluncuran aplikasi tersebut, saya dan teman-teman blogger diundang untuk menghadiri acara sosialisasi aplikasi GERMAS PAS yang berlangsung beberapa waktu yang lalu. Acara dibuka dengan kata sambutan dari Dirjen Kesehatan yaitu dri. Kirana Pritasari. MQIH.

Aplikasi GERMAS PAS ini sudah resmi diluncurkan oleh Kementerian Kesehatan RI loh kawan. Aplikasi ini diluncurkan oleh Ibu Menteri Nila Djuwita F Moeloek pada saat Rakernas Kementerian Kesehatan RI, Februari 2019. Untuk aplikasi GERMAS PAS sendiri, saat ini baru bisa diunduh oleh pengguna android saja di google playstore. Untuk yang pengguna ios belum bisa dan masih dalam tahap pengembangan.

Baca Juga Artikel Abang Dayu Lainnya:

Memajukan Indonesia Dengan Wakaf Produktif

Frisian Flag, Memperkenalkan Karakter Animasi Baru

Dunia Kartun, Wahana Baru yang Ada di Dufan.

Tujuan dibuatnya Aplikasi GERMAS PAS

Tujuan dari inovasi GERMAS PAS adalah salah satunya untuk mengurangi angka keracunan pada masyarkat dalam mengkonsumsi makanan. Karena menurut data dari Kemenkes RI, di tahun 2017 angka KLB itu sangat tinggi loh, sampai menyentuh 163 kasus, dan di tahun 2018 menurun menjadi 122 kasus KLB.

Untuk pengolahan pangan sudah dijamin oleh undang-undang salah satunya adalah UU No. 36 Tahun 2009 tentang kesehatan. Dalam undang-undang ini disebutkan pada pasal 111 (ayat 1) bahwa, makanan dan minuman yang dipergunakan untuk masyarakat harus didasarkan pada standard an/atau persyaratan kesehatan.

Lalu di pasal 163 (ayat 3) disebutkan juga kalau, lingkungan sehat berarti bebas dari unsur-unsur yang menimbulkan gangguan kesehatan, antara lain :

  • Limbah cair
  • Limbah padat
  • Limbah gas
  • Sampah yang tidak diproses sesuai dengan persyaratan yang ditetapkan pemerintah
  • Binatang pembawa penyakit
  • Zat kimia yang berbahaya
  • Kebisingan yang melebihi ambang batas
  • Radiasi sinar pengion dan non pengion
  • Air yang tercemar
  • Udara yang tercemar dan makanan yang terkontaminasi

Selain itu juga, apa saja sih, fitur-fitur aplikasi yang ada di GERMAS PAS. Berikut beberapa fitur yang bisa kalian ketahu diantaranya adalah :

  • Informasi TPM

Informasi TPM ini gunanya untuk menampilkan detail informasi secara lengkap terkait tempat makan yang ada. Informasi yang tertera sudah disertifikasi oleh pemerintah daerah

  • Peta Lokasi

Gunanya untuk mengecek lokasi mana saja tempat makan yang sudah tersertifikasi Laik Higiene Sanitasi Pangan yang ada di sekitar kita.

  • Papan Informasi

Yang satu ini berisikan informasi update tentang berita terbaru dari GERMAS PAS, yang diupdate secara berkala.

  • Pencarian TPM

Gunanya untuk mencari informasi terkait tempat pengolahan makanan yang ada di sekitar kita.

  • Rating & Review

Gunanya untuk dapat memberikan nilai rating dan review terkait tempat pengolahan makanan yang tersedia di dalam aplikasi GERMAS PAS.

  • Sharing sosmed

Untuk membagikan informasi yang ada  di dalam alikasi ke media sosial kita.

Dengan aplikasi GERMAS PAS semakin mempermudah masyarakat dalam memilih tempat pengolahan pangan yang aman, sehat, dan bersertifikasi. Meskipun baru diluncurkan dan masih belum banyak tempat pengolahan pangan yang disertifikasi. Tetapi dengan pembaharuan secara berkala di aplikasi GERMAS PAS akan semakin mempermudah masyarakat dalam memilih tempat pengolahan pangan yang bersertifikasi.

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

9 Comments

  1. Wah semoga makanan Idonesia makin sehat yah dengan adanya ini. Bagus juga seh jadi kita bisa tahu dan paham mana aja makanan yanh sehat untuk kita bisa konsumsi. Tapi ini juga nanti ada sertifikat halalnya penjelasan untuk makanannya?

  2. Wah aplikasi baru, kemenkes makin aware ya sama kesehatan masyarakat indonesia. Nanti deh coba lihat2 aplikasinya. Mau nyari info2 terkait pengolahan pangan yang aman, sehat, dan bersertifikasi. Nice sharing 🙂

  3. Wah mantap betul bang dayu, dengan adanya aplikasi germas ini masyarakat bisa cek dulu apakah makanan yang ingin mereka beli benar2x aman, ya setidaknya tidak salah beli yang tadinya pengen kenyang malah sakit perut hee

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker