UlasanAcara

Fintech di Dalam Era Digital Saat Ini

Edukasi Fintech Dari Modal Antara

  1. Berbicara tentang Fintech atau singkatan dari Financial Technology, yang sering terlintas dalam benak kebanyakan orang adalah pinjaman uang berbasis online. Begitu pun saya, jika mendengar kata Fintech, yang saya pikirkan adalah pinjaman online.

Padahal, Fintech tidak hanya jenis pinjaman online, tetapi juga Payment & Settlement. Contoh dari Payment & Settlement adalah Gopay, Ovo, Dana, dll. Pada tanggal 19 Februari 2019 yang lalu, saya mengikuti seminar bersama Fintektok.id yang membahas tentang dunia Financial Technology.  Acara yang digelar di Warung Up Normal Tebet, Jakarta Selatan, ini berlangsung selama kurang lebih 3 jam.

Sebagian besar peserta yang hadir adalah Ibu rumah tangga dan komunitas ojek online. Acara yang bertajuk FINTEKTOK LIVE #5 ini digelar rutin oleh Fintektok.id untuk mengedukasi masyarakat seputar dunia Financial Technology. Hal ini bertujuan agar masyarakat mengenal lebih jauh tentang dunia Fintech dan pinjam meminjam secara online.

Tujuan Dari Fintech

Fintech, Financial, Technologi, Investasi, Pinjaman Online, Reksa Dana, Deposito, Investor
Photo By : Dayu Anggoro

Berbicara tentang pinjaman online, apa sih tujuan dan manfaat dari pinjaman online itu sendiri?. Tujuan dari pinjaman online adalah untuk menjangkau masyarakat yang membutuhkan modal atau sedang terdesak kebutuhan dengan cara yang lebih mudah.

Selain itu, pinjaman online juga memberikan alternatif investasi bagi masyarakat. Target dari pinjaman online terfokus pada pertumbuhan UMKM. Tentunya, dalam hal pinjaman meminjam secara online tetap diawasi dan dikawal oleh pemerintah melalui OJK.

Baca Juga : Resolusi Blogger Milenial di Tahun 2019

Cek Fintech Resmi di Web OJK

Fintech, Financial, Technologi, Investasi, Pinjaman Online, Reksa Dana, Deposito, Investor
Photo By : Dayu Anggoro

Namun, yang perlu diperhatikan, untuk mengajukan pinjaman online hendaknya kita harus tetap teliti pada pelbagai aspek. Banyak juga loh, Fintech yang tidak bagus dan bisa merugikan kita sebagai peminjam atau yang meminjam.

Fintech yang harus dihindari adalah yang tidak terdaftar di OJK (Otoritas Jasa Keuangan) secara resmi. Saat kita mengajukan pinjaman dan cenderung sangat mudah tanpa persyaratan yang lengkap. Bisa jadi itu adalah jebakan awal untuk kita sebagai peminjam.

Untuk mengetahui Fintech yang bisa dijadikan sebagai sarana peminjam uang adalah dengan mencari tahu Fintech tersebut terdaftar atau tidak di OJK web OJK. Jika tidak terdaftar di OJK segeralah tinggalkan dan abaikan. Karena jika tidak terdaftar di OJK dan tidak memiliki badan hukum akan sangat berisiko tinggi.

Manfaat dari adanya pinjaman online salah satunya sebagai solusi jangka pendek dalam keadaan darurat. Selain itu, juga bisa membantu UMKM, petani, atau pun nelayan, dalam hal permodalan. Serta jenis pinjaman online pun ada banyak macamnya. Seperti : pinjaman konsumtif, pendidikan, properti, bahkan syariah.

Modal Antara, Fintech yang Telah Terdaftar di OJK

Fintech, Financial, Technologi, Investasi, Pinjaman Online, Reksa Dana, Deposito, Investor
Photo By : Dayu Anggoro

Untuk itu, Modal Antara hadir  untuk membantu masyarakat yang ingin melakukan peminjaman modal serta pinjaman karyawan dengan angsuran dan bunga rendah. Modal Antara juga mengajak masyarakat yang ingin berinvestasi sebagai peminjam. Oh ya, Modal Antara sudah resmi terdaftar di OJK.

Modal Antara adalah solusi untuk yang ingin mengajukan serta memberikan pinjaman. Persyaratan pinjaman mudah dan prosesnya sederhana. Semua tahap konfirmasi dilakukan secara online, begitu pun dengan proses pencairan dana. Jika ingin tahu lebih lanjut bisa kunjungi website Modal Antara (klik di sini).

Jika kalian yang ingin memutuskan meminjam atau memberi pinjaman secara online. Harus memikirkan matang-matang dalam mengambil kuputusan. Jangan sampai terlena dengan uang pinjaman menjadikan kita susah untuk membayar hutang. Sesuaikan juga pinjaman dan kemampuan kita dalam membayar hutang agar tidak menyusahkan diri sendiri ke depannya.

~Terima kasih

Dayu Anggoro

Assalamualaikum, hai hai saya Dayu Anggoro, seorang penyandang disabilitas yang memiliki hobi membaca novel, jalan-jalan, kulineran, dan menulis. Selamat menikmati artikel di blog ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya.

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button