PerjalananUlasan

Meningkatkan Ekonomi Pariwisata Indonesia Dengan Transportasi

Berbicara soal pariwisata di Indonesia itu asik dan tidak ada habisnya lho, potensi wisata di negeri kita begitu besar kawan. Ditambah dengan era revolusi industri 4.0 saat ini, industri pariwisata Indonesia semakin berkembang. Dan pariwisata di berbagai daerah terus dikenal sejak era media sosial seperti sekarang.

Bayangkan saja, setiap ada tempat wisata baru yang sedang hits atau tempat wisata lama yang sudah terkenal sejak dulu, pasti banyak orang yang mengunggah keindahan tempatnya di media sosial. Tentu, dampak positif dari berkembangnya pariwisata di berbagai daerah adalah peningkatan ekonomi masyarakat.

Dampak Transportasi Terhadap Ekonomi Sektor Pariwisata Indonesia

transportasi, wisata
Tiba di Stasiun Tegal, dalam perjalanan ke Gunung Slamet.

Ekonomi dari sektor wisata akan memberikan dampak yang besar kepada masyarakat di daerah sekitar. Lalu, secara tidak langsung bisa membuka lapangan kerja baru untuk masyarakat. Nah berbicara soal pariwisata, saya mempunyai hobi berwisataria salah satunya melakukan pendakian gunung.

Dalam satu tahun, saya bisa mendaki 2 sampai 5 gunung. Tentunya, gunung yang paling sering saya daki masih di sekitaran pulau Jawa saja. Setiap melakukan pendakian terutama gunung yang ada di pulau Jawa. Transportasi adalan saya dan tim untuk melakukan pendakian adalah kereta api. Karena banyak gunung yang ada di Jawa Tengah dan Jawa Timur.

Mudah dijangkau dengan kereta api meskipun, dari stasiun kami masih harus lanjut dengan moda tranportasi roda 4. Nah, dari pelbagai pendakian gunung yang saya dan teman-teman lakukan. Transportasi umum menjadi hal penting bagi kami untuk menuju destinasi tujuan. Karena, dengan jangkauan tranportasi ke destinasi wisata. Tentunya akan menarik banyak wisatawan.

Baca Juga Artikel Abang Dayu Lainnya:

Perkembangan Transportasi Indonesia Dalam 5 Tahun Terakhir

transportasi, wisata
KRL tiba di Stasiun Manggarai (Photo by: Dayu Anggoro)

Dalam 5 tahun terakhir, perkembangan transportasi di Indonesia sangat berkembang lho kawan. Pembangunan infrastruktur pendukung adalah salah satu faktor. Seperti Tol Cipali, Tol Trans Tawa, lalu dibangunnya proyek Double Double Track kereta api dari Stasiun Jatinegara sampai Stasiun Bekasi dan akan berlanjut hingga Cikarang. Dari berbagai pembangunan infrastruktur, akan semakin memudahkan masyarakat dalam mobilisasi ke suatu tempat.

Apalagi tempat wisata, akses transportasi menuju tempat wisata menjadi salah satu faktor pendorong ekonomi. Dengan semakin mudahnya akses transportasi umum menuju tempat wisata pastinya akan menarik wisatawan dari dalam maupun luar negeri. Hal ini juga harus sejalan dengan pembangunan infrastruktur lainnya.

Saya jadi ingat pada awal bulan Juli 2019, PT KAI yang berkolaborasi dengan pemerintah Jawa Barat meresmikan KA Pangandaran. KA Pangandaran sendiri melayani relasi Gambir – Bandung – Banjar PP. Tentunya hal ini bisa mendorong pariwisata yang ada di daerah Pangandaran yang terkenal dengan pantainya.

Dengan beroperasinya KA Panganaran, masyarakat semakin banyak pilihan untuk liburan dengan transportasi umum.

Dalam 5 tahun terakhir juga transportasi sudah sangat bisa dirasakan perkembangannya oleh masyarakat. Yang sangat saya rasakan adalah kereta api, karena mobilitas saya sehari-hari adalah dengan naik si ular besi ini. Dari kuliah, bekerja, hingga liburan saya lebih sering memilih naik kereta api. Meskipun beberapa kali saya juga naik bus, pesawat, atau kapal laut si hehe.

Saya senang travelling dengan kereta api karena semua fasilitasnya sudah berubah. Kebersihan, kenyamanan, ketepatan waktu dan dari segi layanan juga sangat memuaskan. Padahal, dulu kalau naik kereta masih banyak sampah di setiap sudut Stasiun juga yang membawa hewan masuk di dalam kereta. Ya intinya sangat berubah dalam 5 tahun terakhir.

Mesi begitu, transportasi lain juga berkembang seperti bus, pesawat, dan kapal laut. Pembangunan beberapa bandara baru juga pengembangan pelabuhan dan terminal angkutan bus, semata-mata untuk meningkatkan kulitas transportasi yang ada di negara kita tercinta. Apabila transportasi sudah berkualitas, aman, dan juga nyaman. Maka akan berdampak pada kemajuan bangsa dan negara.

Untuk informasi lebih lengkap tentang transportasi, silahkan menuju link di bawah ini:

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker