PerjalananLintas DaerahPendakian Gunung

Tempat Wisata Gunung yang Ada di Lembang

Tempat Wisata Gunung

Kabupaten Lembang menyimpan banyak sekali tempat wisata yang bisa kita datangi. Dari wisata alam, wisata keluarga, hingga wisata edukasi ada di tempat ini. Nah, dari semua tempat wisata yang ada di Lembang nih, khusus kalian yang suka sekali dengan gunung beserta pemandangan dari ketinggian juga ada loh. 4 Tempat Wisata Gunung yang Ada di Lembang sepertinya bisa menjadi rekomendasi untuk kalian para pencinta alam.

Apalagi, jika kalian rindu dengah pendakian gunung beserta suasana saat camping, tetapi tidak sempat mendaki ke gunung di atas 3000 Mdpl. Beberapa gunung yang ada di Lembang ini bisa loh, menjadi rekomendasi untuk dikunjungi. Beberapa diantaranya dilakukan untuk berkemah.

Nah, berikut ini Tempat Wisata Gunung yang Ada di Lembang beserta pesonanya yang elok, sebagai rekomendasi wisata alam yang bisa masuk dalam daftar list yang wajib dikunjungi :

1. Gunung Batu Lembang

Tempat Wisata Gunung, Lembang, gunung, Gunung Batu
Salah satu sisi wisata Gunung Batu Lembang (Sumber : destinasibandung.co.id)

Gunung Batu ini memiliki ketinggian 1335 Mdpl, dengan ketinggian yang relatif rendah dan untuk sampai ke puncak tidak membutuhkan waktu yang lama, sekitar 15 menit saja kurang lebih untuk sampai ke puncaknya. Menjadikan Gunung Batu sebagai salah satu tempat yang bisa masuk dalam daftar list wisata saat ke Kabupaten Bandung.

Saat malam tiba, kita bisa melihat city light dari puncak Gunung Batu. Untuk tiket masuknya sendiri hanya membayar parkir sebesar Rp 3000,- untuk sepeda motor, dan Rp 5000,- untuk mobil. Alamatnya sendiri berada di Jl. Dago Giri No.134, Langensari, Lembang, Kabupaten Bandung Barat, Jawa Barat. Dapat dijangkau oleh aplikasi maps yang ada di ponsel kalian.

Artikel Gunung Lainnya :

Danau Gunung Tujuh, Surga Tersembunyi di Balik Gunung kerinci.

Pendakian Gunung Kerinci: Menapaki Atap Sumatera.

Gunung Papandayan, Mahal Gak Sih?

2. Gunung Putri Lembang

Tempat Wisata Gunung, Lembang, gunung, Gunung Putri Lembang
Keindahan Gunung Putri Lembang (Sumber : melanang.blogspot.com)

Kalau Gunung Putri Lembang ini sedikit lebih tinggi daripada Gunung Batu. Ketinggiannya mencapai 1587 Mdpl. Medan pendakiannya pun tidak begitu sulit, hanya membutuhkan waktu sekitar 30 menit menelusuri jalur pendakian untuk sampai ke puncaknya. Bagi yang sering mendaki gunung di atas 3000 mdpl saya rasa tidak terlalu sulit.

Untuk lokasinya sendiri berada di Jl. Gunung Putri No. 184 Desa Jayagiri, Kec. Lembang. Untuk sampai ke Gunung Putri, hanya membutuhkan waktu sekitar 1 jam perjalanan dari Kota Bandung. Beberapa fasilitas yang ada di Gunung Putri adalah tempat camping, toilet, musala dan juga tersedia warung-warung penjaja makanan.

Spot foto sunset dan juga sunrise di Gunung ini juga tidak kalah dengan tempat wisata lainnya yang ada di Lembang. Pas sekali jika kalian anak indie yang candu dengan kopi dan senja hehehe. Untuk harga tiket masuknya sendiri masih terjangkau kawan, yaitu hanya Rp 17000,- tidak lebih mahal dari kuota internet satu bulan bukan :D.

Artikel Gunung Lainnya :

Pendakian Gunung Slamet via Jalur Bambangan

Pendakian Gunung Merbabu via Selo

Gunung Andong dan Pesona Alamnya yang Indah

3. Gunung Burangrang, Tempat Wisata Gunung yang Masih Jarang Terdengar.

Tempat Wisata Gunung, Lembang, gunung, gunung burangrang
Eksotisnya Gunung Burangrang (Sumber : cidahu.com)

Gunung yang masih jarang didatangi oleh pendaki ini masih tergolong hutannya alami. Memiliki ketinggian 2050 Mdpl seperti tinggi Gunung Ungaran yang ada di Semarang Jawa Tengah. Namun, untuk mendaki gunung ini rasanya tidak cocok untuk pendaki pemula. Berbeda dengan Gunung Putri dan Batu, gunung ini masih tergolong lebat vegetasinya dan juga menantang.

Dan biasanya Gunung Burangrang juga dipakai untuk latihan militer. Namun keindahan alam yang disuguhkan sangatlah memesona untuk kalian pencandu ketinggian. Ada 3 jalur untuk mendaki Gunung ini yaitu Legok Haji, Pos Komando, dan Pangheotan. Jalur tercepat untuk mencapai puncak adalah jalur Legok Haji.

Tentunya jalur paling cepat adalah jalur yang tidak ada bonus alias nanjak terussss. Untuk mencapai pos pendakian sebaiknya menggunakan kendaraan pribadi karena untuk angkutan umum masih susah menuju ke sana. Patokan untuk naik kendaraan pribadi adalah Sekolah Polisi Negara, dari sana tinggal tanya warga sekitar untuk menuju ke jalur pendakian.

Artikel Gunung Lainnya : Pendakian Gunung Prau Insiden di Jalur Dieng

4. Gunung Tangkuban Perahu, Tempat Wisata Gunung Paling Populer

Tempat Wisata Gunung, Lembang, gunung, gunung tangkuban perahu
Sumber : histori.id

Nah kalau yang satu ini sudah sejak lama banyak dikenal oleh masyarakat sebagai tempat wisata keluarga. Gunung Tangkuban Perahu menjadi salah satu tempat wajib yang dikunjungi ketika kita berada di Lembang. Destinasi wisata yang terkenal dengan cerita legendaris Sangkuriang dan Dayang Sumbi  menjadi daya Tarik tersendiri bagi wisatawan.

Eitssss, untuk kalian yang memang hobi hiking Gunung Tangkuban Perahu bisa didaki melalui Desa Jayagiri. Jalur pendakian dengan hutan pinus yang sangat indah menemani setiap perjalanan kalian.

Nah di atas adalah beberapa rekomendasi wisata gunung yang ada di lembang. Semoga bisa menjadi referensi untuk kalian kunjungi, tapi ingat, untuk membuang sampah pada tempatnya dan jaga lingkungan saat kalian mendaki.

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

3 Comments

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker