Kata DayuUlasan

Blogger Vaganza: Cerita Di Balik Layar.

Tanggal 28 dan 29 september 2018 yang lalu telah diselenggarakan pesta ulang tahun komunitas Backpacker Jakarta yang ke 5. Salah satu acaranya yaitu Blogger Vaganza, ada beberapa acara lainnya dalam dua hari perayaan ulang tahun Backpacker Jakarta atau sering disingkat BPJ. Seperti, Pesta komunitas, Duta BPJ, Seminar Inspiratif, dan lain sebagainya.

Awalnya saya tidak pernah membayangkan akan terlibat dalam perhelatan akbar ulang tahun Backpacker Jakarta. Saya ditunjuk sebagai panitia Blogger Vaganza oleh Bang Eka sewaktu kopdar Klub Buku & Blogger di Perpustakaan Nasional beberapa waktu yang lalu. Saya dan Deny yang pertama ditunjuk untuk membuat acara Blogger dalam memeriahkan ulang tahun Blogger Jakarta.

Kopdar Pertama Pembentukan Panitia Kecil Blogger Vaganza

Setelah lebaran Idulfitri saya dan Deny melakukan kopdar dan juga membentuk panitia kecil yang kami pilih dari teman-teman kubbu (Klub Buku & Blogger BPJ). Kopdar pertama ini kami membahas konsep acara, susunan panitia, serta narasumber siapa saja yang akan berpartisipasi untuk mengisi materi Blogger Vaganza.

Jujur saja, ini pertama kalinya saya menjadi panitia dikegiatan komunitas. Banyak hal-hal baru yang saya pelajari saat menjadi panitia Blogger Vaganza. Okey kembali kepembahasan, tiga bulan sebelum acara kami diberi waktu singkat untuk mencari sponsor, menghitung total biaya yang akan keluar, dan juga rapat gabungan dengan panitia lain yang memeriahkan ulang tahun BPJ.

Karena di dalam susunan kepanitiaan ulang tahun BPJ ini, ada banyak divisi seperti : Divisi Event, karnaval, duta BPJ, konsumsi, sponsor, produksi, panggung utama, dll. Karena banyaknya panitia dari masing-masing event, terkadang banyak juga ego yang berbenturan saat rapat seluruh panitia.

Wajar menurut saya, karena masing-masing panitia event ingin memberikan yang terbaik untuk divisi mereka. Tak terkecuali saya dan Deny yang ingin Blogger Vaganza digelar dengan sukses. Karena panitia masing-masing event bekerja keras dengan suka rela alias tanpa dibayar sepeserpun untuk acara ulang tahun BPJ.

Waktu yang semakin mepet, saya dan Deny pun semakin bekerja keras untuk persiapan hari H. Ya, walaupun sejujurnya saja porsi bekerjanya Deny sebagai ketua Blogger Vaganza  lebih besar dibanding saya yang hanya sebagai Koordinator. Tetapi setidaknya saya membantu sedikit pekerjaan Pak ketua, heheh maaf yah Den.

Baca Juga : Belajar Flash Blogging dengan Mudah dan Cepat

Belajar SEO Dasar Untuk Pemula, Gampang Ga Sih?

Cara Mudah Belajar SEO

Kegugupan Saat Rapat Seluruh Panitia

Rapat gabungan panitia yang terakhir saya ikuti dilaksanakan di daerah Tebet, tepatnya di Maharani Guest House. Rapat ini mempresentasikan masing-masing event yang akan digelar di ulang tahun BPJ. Saat itu perwakilan dari tim Blogger Vaganza hanya saya dan Sally yang hadir sebagai perwakilan untuk rapat gabungan.

Namun naas, semua presentasi yang sudah saya persiapkan sebelum rapat dimulai berakhir berantakan. Semua karena keguggupan saya alias demam panggung saat menjelaskan presentasi di depan orang banyak. Padahal saat dipanggil maju kedepan saya dengan pdnya berjalan dan ketika dilihat orang banyak saya langsung down.

Apalagi ditambah faktor saya habis pulang kerja double shift dari malam ke pagi yang membuat saya cukp lelah, menambah rasa gugup saat melakukan presentasi. Rapat ditutup sekitar jam 22.30 wib. Rasa Lelah dan kecewa akibat hancurnya presentasi, sepanjang jalan pulang mengisi di kepala saya.

Menuju hari H rapat terakhir tim Blogger Vaganza diadakan di Tebet, ya lagi-lagi tebet kalau kata sahabat saya si. Anak BPJ ngumpulnya ga jauh dari Tebet. Dalam rapat tersebut, Sally yang awalnya bertugas sebagai MC harus mundur karena beberapa alasan. Dan dengan nekatnya saya memberanikan diri untuk menggantikan Sally sebagai MC.

Karena hari H sudah semakin mepet dan semua tim panitia sudah mempunyai porsinya masing-masing. Daripada susah kalau harus mencari MC saya memberanikan diri saja untuk menggantikan Sally. Saya berani karena dibantu dengan Kak Yunita, kami nantinya akan berduet menjadi MC di acara Blogger Vaganza.

Hari Pelaksanaan Blogger Vaganza

Tiba di hari H, saya datang lebih awal dari tim yang lain dan langsung mempersiapkan ruangan yang akan dipakai. Saya dibantu dengan divisi tim produksi merapikan ruangan dan mempersiapkan segala sesuatu yang akan dipakai. Acara dimulai sekitar jam 10 pagi, jam 9 teman-teman baru tiba dari apartemen.

Ya mereka menginap di apartemen dekat La Piazza untuk mempersiapkan segala sesuatu. Saya tidak bisa ikut menginap karena malam minggu kuliah dan bekerja shift malam. Maka dari itu saya yang datang lebih awal karena jarak dari kantor dan lokasi agak jauh, saya harus datang lebih pagi sepulang dari kantor.

Jam 10 peserta mulai berdatangan di lokasi acara di La Prisma La Piazza Kelapa Gading. Kurang lebih 30 menit setelah para peserta mendaftar, saya dan Kak Yunita mulai beraksi untuk membuka acara. Alhamdulillah tidak ada rasa gugup saya saat berbicara di depan orang banyak, malah lebih terasa cair dan mengasyikan berduet MC dengan Kak Yunita.

Pembukaan Blogger Vaganza

Sebelum acara dimulai, kami semua yang ada di dalam ruangan menyanyikan lagu Indonesia Raya untuk memulai acara. Hal ini dilakukan untuk membangkitkan rasa nasionalisme kepada semua orang dan juga memberi semangat. Lalu acara dibuka dengan kata sambutan dari salah satu admin Kubbu yaitu Bang Eka.

Blogger vaganza
Moderator & Mas Ariev Rahman (Dokumentasi Grup)

Dan selanjutnya materi pertama pun dimulai, dengan moderator Kalena dan pembicara Mas Ariev Rahman. Beliau menjelaskan tentang materi menjadi travel blogger dan bagaimana mengatur waktu. Dan hanya sedikit saya mendengarkan penjelasan dari narasumber, karena saat narasumer menjelaskan materi. Saya masih harus bolak-balik untuk berkoordinasi dengan Denny untuk urus konsumsi dll.

Lalu datanglah masalah saat acara berlangsung, mic yang saya pakai baterainya mulai habis. Dan sangat mengganggu jalannya acara, untungnya saja saat istirahat saya masih sempat untuk membeli baterai untuk mic tersebut. Kenapa saya harus membeli sendiri? Karena saat saya berkoordinasi dengan tim produksi, susah sekali untuk mendapatkan baterai pengganti.

Acara dilanjut dengan narasumber kedua yaitu Mba Nunik, seorang penulis dan blogger aktif yang menjelaskan tentang materi SEO. Lalu narasumber yang ketiga ada Om P.J Leo seorang fotografer dari The Jakarta Post. Om P.J Leo membawakan materi tentang bercerita lewat foto. Menarik dan sangat bermanfaat, itu yang ada di dalam pikiran saya untuk materi yang dibawakan oleh narasumber.

 

Blogger Vaganza
Mbak Nunik (Dokumentasi Grup)
Blogger Vaganza
Om P.J Leo (Dokumentasi Grup)

Penutupan

Namun sayangnya saya tidak sempat untuk mendengarkan secara utuh materi-materi tersebut karena menjalankan tugas dan tanggung jawab. Diakhir acara ada pengumuman lomba kompetisi Instagram yang kami adakan kepada para pesert Blogger Vaganza. Dengan hadiah utama ke Labuan Bajo bersama BPJ, saya dan teman-teman senang karena peserta banyak yang antusias dan ikut dalam acara Blogger Vaganza.

Mungkin banyak sekali kekurangan di sana-sini untuk event ulang tahun BPJ dan khususnya event Blogger Vaganza. Tetapi saya merasa puas karena bisa menjalankan tugas dan tanggung jawab selama acara berlangsung. Dan satu pengalaman berharga yang saya dapatkan ketika menjadi panitia. Saya tentu merasa senang dan bangga terlibat dalam acara ini.

~Sekian

Tags
Show More

Related Articles

10 Comments

  1. Baahhh.. Berarti u duluan ditunjuk donk..
    Gw sendiri aj baru tau ditunjuk pas bukber di maharani tebet. Itupun Bang Eka juga bukan ngom 4 mata, gw pikir cmn bercanda..

    Mantap y Abang Dayu, gugupnya langsung ilang pas jadi MC. Warbiyasak kalian semualah yg sudah berkoordinasi agar acara Blogger Vaganza sukse..

  2. Keren abangdayu, pertama kali jadi MC udah cair gitu.
    Salut buat panitia blogger vaganza, acaranya berjalan dengan sukses. Ya, walaupun masih ada kekurangan di sana sini, semoga ke depannya lebih baik lagi ya. Welcome di TIM Dapur day 🙂

  3. Bang Dayu kan sudah master dalam dunia per-blogging-an. Semoga segala daya dan upaya yang Abang sudah kerahkan untuk acara ini bisa menunjukkan faedahnya di kemdian hari, walau saat itu Bang Dayu nggak bisa menyimak keseluruhan materi.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close