Kata DayuUlasan

Belajar Flash Blogging Dengan Mudah dan Cepat.

tips & trik belajar flash blogging

Di artikel saya kali ini, saya akan membahas tentang apa itu Flash Blogging serta tips & trik bagaimana cara mudah untuk menulis artikel blog secara cepat, rapih, dan tepat dari ahlinya. Untuk kalian para blogger yang baru mulai ngeblog atau sudah lama berkecimpung di dalam dunia blog, pasti tau dong apa yang namanya Flash Blogging.

Apa Itu Flash Blogging?

what is flash blogging
sumber : pixabay.com

Flash Blogging adalah menulis artikel blog dengan waktu yang sudah ditentukan oleh penyelenggara acara Flash Blogging. Biasanya Flash Blogging ini ada di event yang bekerja sama dengan blogger. Nah, beberapa waktu yang lalu tepatnya hari kamis tanggal 23 Agustus 2018, saya berkesempatan mengikuti acara Flash Blogging dari Kelas Blogger loh.

Bertajuk Blogging On The Spot acara ini digelar di kantor Raksa Online yang berada di  Gedung BSG Abdul Muis No 40. Jl. Abdul Muis, RT.2/RW.8, Petojo Sel, Gambir, Kota Jakarta Pusat. Acara dimulai dari jam 9 pagi, tentunya diawali dengan pemaparan materi dari penyelenggara kepada para blogger sebagai bahan untuk ditulis di artikel.

Pengalaman Pertama Mencoba Flash Blogging.

experience blogging
Sumber : pixabay.com

Jujur saja, ini adalah pertama kalinya saya menulis blog dengan waktu yang paling cepat. Kurang lebih 3 jam panitia memberikan batas waktu kepada peserta untuk menulis serta mengunggah artikel di blog. Setelah saya dan teman-teman blogger diajak berkeliling kantor Raksa, kami kembali ke tempat semula yaitu ruangan untuk berkumpul.

Peserta kembali ke tempat duduknya masing-masing dengan laptop yang sudah siap sedia di atas meja. Saat panitia sudah memberikan aba-aba untuk para peserta, kami sibuk masing-masing dengan bahan tulisan yang masih fresh tentunya. Ada sedikit ketegangan untuk diri saya pribadi tetapi saya bersyukur bisa fokus untuk mengerjakan artikel.

Baca juga: Belajar SEO Dasar Untuk Pemula, Gampang Ga Sih ?

Cara Mudah Belajar SEO

Tema untuk artikel yang ditulispun seputar penjelasan dari pihak Raksa yang diberikan sebelum Flash Blogging dimulai. Ada begitu banyak hadiah yang diberikan untuk pemenang dari menulis blog cepat kali ini tetapi, hadiah bukanlah fokus tujuan utama saya. Tujuan utama saya mengikuti acara ini adalah untuk menambah pengalaman dan ilmu baru seputar dunia blog.

Tantangan Saat Mengikutinya

Challenge blog
Sumber : pixabay.com

Sewaktu peserta masih fokus dengan tulisan materi masing-masing, banyak sekali hal iseng atau gangguan yang dilakukan oleh panitia. Seperti ada yang berkata kalau tidak salah “Ayo tinggal 1 jam lagi” dan rasanya ini mengganggu konsentrasi sebagian peserta. Apalagi yang saya perhatikan banyak dari mereka yang mudah panik.

Setelah selesai menulis dan mengunggah artikel di blog, ada kelegaan muncul di dalam diri karena dapat menyelesaikan tugas secara tepat waktu. Dengan waktu yang begitu sempit, kami dituntut untuk cepat memikirkan ide apa untuk memberikan tema pada artikel. Lalu harus sangat sabar dan teliti dalam edit tulisan dan juga memberikan gambar apa saja yang pas untuk artikel.

Tidak mudah, tetapi menyenangakan untuk saya karena ada tantangan dan hal baru yang pertama kali saya coba di dalam dunia blog. Setelah semua peserta menyelesaikan tantangan, panitia memberikan waktu untuk mendengarkan materi berikutnya dari pembicara yang diundang untuk acara ini.

Baca juga: Gunung Andong dan Pesona Alamnya yang Indah

Pendakian Gunung Merbabu

Pendakian Gunung Prau Insiden di Jalur Dieng

Yang membawakan materi adalah Kang Ali Muakhir, seorang blogger dan penulis asal Bandung Jawa Barat. Dengan begitu banyak pengalaman di dalam bidang penulisan entah itu blog atau buku. Beliau tidak sungkan-sungkan membagikan ilmunya kepada para peserta yang hadir.

Tips & Trik Memenangkan Flash Blogging

Tips & Trik blogging flash
Sumber : pixabay.com

Dan judul materi yang beliau bawakan adalah “Rahasia Menang Flash Blogging”. Menarik ungkap saya dalam hati, kenapa materi ini tidak dibawakan pada saat awal acara. Kalau saja materi ini dibawakan pada saat awal acara kan kami jadi bisa langsung praktek hehehe. Namun mungkin ini adalah strategi panitia untuk memberi kejutan kepada kami mungkin sih hehehe.

Kang Ali menjelaskan ada beberapa tips & trik rahasia untuk kita bisa memenangkan Flash Blogging. Berdasarkan pengelaman Kang Ali yang pernah memenangkan ajang tersebut. Apa saja rahasia yang dijelaskan Kang Ali untuk bisa memenangkan menulis blog dengan cepat, berikut ada 10 cara untuk bisa bersaing dan memenangkan Flash Blogging versi Kang Ali Muakhir :

1. Niat

Segela sesuatu yang kita lakukan harus diawali dengan niat serta doa tentunya. Dengan niat yang tulus dan dibarengi dengan doa, tentunya tujuan kita akan tercapai. Apalagi jika niat dan tujuan kita adalah memenangkan kompetisi.

2. Yakin Bisa Menyelesaikan Tantangan.

Untuk mengikuti kompetisi yang aturannya ketat dari penyelenggara. Tentunya kita harus yakin untuk bisa menyelesaikan tantangan yang diberikan. Selain itu, untuk bisa menyelesaikan tantangan kita harus fokus agar tidak terganggu oleh hal-hal yang tidak diinginkan.

3. Siapa yang mengadakan?

Cari tahu lah penyelenggara lomba dari jauh-jauh hari. Mungkin ini salah satu trik agar kita bisa mempersiapkan diri dan memprediksi siapa saja peserta yang ikut dalam kompetisi. Tentu banyak blogger kawakan yang ikut berpartisipasi apalagi jika banyak hadiah yang sangat menarik dan menggiurkan.

4. Cari ide paling fresh saat kompetisi berlangsung.

Kita dituntut untuk serba cepat. Cepat harus menyelesaikan tulisan dan juga harus cepat mencari ide. Hal yang paling menarik yang saya tangkap dari penjelasan Kang Ali adalah kita harus mencari ide yang paling fresh, tidak harus unik tetapi fresh. Untuk langsung kita tulis ke dalam artikel.

5. Tulis senatural mungkin.

Biasanya saat Flash Blogging berlangsung materi yang kita dapat masih sangat banyak di dalam kepala kita, usahakan tulis senatural mungkin apa yang baru kita dapat dan tuangkan semua isi kepala langsung ke dalam tulisan. Ungkapkan semua yang kita dapat ke dalam artikel karena itu sangat membantu artikel kita terlihat menarik dipenilaian juri.

6. Jangan lupakan penyelenggara.

Maksudnya di sini adalah, tulisan kita sebisa mungkin mayoritas harus mengulas tentang acara tersebut. Contohnya, saya mengikuti Flash Blogging dengan Kelas Blogger dan Raksa Online, saya harus lebih mengulas tentang Raksa Online sebagai pihak penyelenggara. Namun saya juga harus memberi porsi tulisan untuk Kelas Blogger tetapi tidak sebanyak Raksa Online karena Raksa adalah pihak yang menyelenggarakan acara.

7. Yakinkan dengan sumber.

Saat acara kompetisi berlangsung. Kita harus mencari sumber valid sebanyak-banyaknya untuk diulas di dalam artikel. Hal ini sangat membantu untuk artikel kita terlihat lebih bagus dan dapat bersaing dengan peserta lainnya.

8. Perindah dengan visual.

Dalam hal ini kita bisa mencari spot foto yang bagus untuk dituangkan dalam artikel. Carilah tempat-tempat startegis yang bisa diulas di dalam artikel kita. Selain itu, jangan hanya foto dari tempat acara, tetapi juga gambar dari sumber lain sebagai pendukung agar visual kita terlihat lebih menarik.

9. Selesaikan tepat waktu.

Bagaimana caranya kita juga harus bisa mengatur waktu untuk menulis, meng-edit dan mengunggah artikel ke dalam blog. Karena waktu yang diberikan sangat singkat, poin ini bersifat krusial jika kita tidak memperhatikannya.

10. Bedoa.

Poin ini harus dibarengi dengan poin nomor 1 yaitu niat. Dengan niat dan doa, mudah-mudahan apa yang kita lakukan berjalan dengan lancar dan bisa dipermudah segala rintangan yang akan kita hadapi.

Mungkin beberapa poin di atas bisa dijadikan acuan untuk kalian yang ingin mencoba Flash Blogging. Jika ada gangguan teknis dan waktu akan habis solusinya adalah berhenti menulis dan unggah artikel kalian. Jangan panik, dan bagaimana cara kita untuk menanggulanginya? Tulis lah apa yang bisa ditulis saat kompetisi jangan pikirkan bahasa yang salah atau tidak. Saat selesai, barulah edit sedikit-sedikit.

Beberapa hal di atas adalah sedikit tips yang saya dapat dari Kang Ali Muakhir tentang bagaimana caranya untuk bisa memenangkan Flash Blogging. Selain tips dan cara di atas, konsistensi menulis adalah kunci penting untuk dapat menyelesaikan tantangan di dalam dunia blog.

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

38 thoughts on “Belajar Flash Blogging Dengan Mudah dan Cepat.”

  1. Siapa yang mengadakan? –> poin ini jadi trik ampuh banget nih ya bang sama halnya kayak mau interview kerja. Perusahaan apa yang mau kita datengin biar udah ada gambaran nantinya.
    Mantul artikelnya abang dayu 🙂

  2. Tips Flash blogging dan pengalaman bangdayu menghadapi hal tersebut menarik dan imajinatif pisan. Sepertinya ok juga di terapkan untuk beberapa kegiatan lain. Terimakasih untuk tulisan Bangdayu yang aplikatif dan berfaedah.

  3. Sejujurnya baru denger istilah flash blogging ini walaupun ngeblog udah kapan tahun.
    memang kurang update aja kali ya.
    btw, thanks infonya soal flash blogging. nggak kebayang gimana harus bisa fokus dan cari tema secepat kilat dan menhadapi gangguan-gangguan saat menulis.
    Salut buat mas yang bisa ngelewati itu. kalah menangnya yang penting pengalaman berharga udah didapet.
    dan tips dari kang ali sangat bermanfaat sekali, terima kasih juga sudah di share disini.
    sukses trus mas!

  4. saya jg ikut lomba ini. Emang ngeselin nih kalau dibilang, 10 menit lagi, 5 menit lagi. Serasa dikejar-kejar setoran. Hahahaha. Ini pengalaman pertama saya ikut flash blogging competition. Menyenangkan, seru, dan pastinya menambah pengalaman baru.

  5. Keren, tipsnya. Kebetulan pas pertengahan Agustus juga dikasih tantangan menulis artikel group selama 1 jam. Mulai dari menentukan tema, membagi tugas, editing lagi hingga upload di blog. Dan itu cuma 1 jam. Alhamdulillah, untungnya berhasil

  6. Seru banget flashblogging.. Mantap nih bisa 3 jam aja ya dari menulis sampai publish..
    Aku tuh kalo nulis kadang bisa 2 jam aja kalo pas lagi konsen banget.. tapi kalo pas udah masukin ke blog yang bikin lama setting2nya.. harus unggah gambar lah.. nulis caption gambar.. trus ngatur paragraf.. sama dibaca ulang untuk meminimalisasi typo.. mantap dayu infonya

  7. Flash blogging.. Buat saya sekilas pengertiannya bisa menjadi SKS.. Sistem Kebut Sejam.. Hehe..
    The power of kepepet.. Tetapi memang diperlukan daya fokus yg tinggi.. Thanks to share..

  8. Hahaha,, Lama juga ya menulis sebuah konten. Klo flas blogging dibatasi waktunya ternyata. Aku mah nulis konten sering gak nyampe satu jam, apalagi hanya nulis di hipwee cepat bangat. Klo buat catatan perjalanan baru emank agak lumayan, itu gak nyampe 3 jam.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close
Lewat ke baris perkakas