Kata DayuUlasan

Belajar SEO Dasar Untuk Pemula, Gampang Ga Sih ?

belajar teknik dasar seo

Sebelum saya menjelaskan cara belajar dasar SEO untuk pemula, saya pernah menulis tentang SEO di artikel Cara Mudah Belajar SEO Bareng KUBBU BPJ. Sebenarnya sulit tidak sih belajar SEO itu, menurut saya pribadi belajar SEO itu mudah asal kita ada kemauan dan konsisten. Karena belajar dan memahaminya saja butuh waktu yang tidak sedikit, untuk itu mari kita simak penjelasanya di bawah ini.

APA ITU SEO ?

Kalian para blogger pasti sudah tahu dan tidak asing lagi kan dengan yang namanya SEO. Sebelumnya saya akan menyinggung sedikit apa itu SEO? SEO adalah Search Engine Optimazation, yaitu sebuah teknik atau cara organik untuk memaksimalkan artikel kita yang ada di blog supaya bisa dikenal oleh mesin pencari atau search engine (Google) sehingga bisa masuk di halaman pertama google.

SEO sendiri mempunyai banyak istilah di dalam dunia blog salah satunya adalah Search Engine Optimizer. Istilah tersebut ditujukan untuk seseorang yang berprofesi dalam bidang SEO, atau sederhananya orang tersebut mempunyai jasa SEO. Dan istilah lainya adalah Optimasi Mesin Pencari, maksudnya adalah untuk memaksimalkan blog kita agar tampil di SERP atau halaman pertama google dengan cara organik.

Baca Juga : Blogger Jakarta Merajut Kebersamaan Dalam Keceriaan

SEBERAPA PENTING BELAJAR SEO UNTUK BLOG?

Belajar Seo 4
Sumber : pixabay.com

Menerapkan SEO di dalam blog menurut saya adalah hal yang amat penting untuk dilakukan kenapa? Karena jika artikel di dalam blog kita dapat menembus halaman pertama google akan sangat menguntungkan. Apa sih keuntunganya? Salah satu keuntungan jika artikel kita masuk halaman pertama google akan menambah traffic pada blog kita.

Selain itu, hal ini juga berpengaruh untuk Internet Marketing karena akan bisa menarik banyak pengunjung dan menambah traffic pada website. Dan yang perlu kalian ketahui jika artikel blog kita masuk di halaman pertama google, potensi blog kita akan dibuka oleh user mencapai 70%. Serta user yang berkunjung melalui search engine (Google) adalah user yang berkualitas.

Baca Juga : Gunung Andong dan Pesona Alamnya yang Indah

Pendakian Gunung Merbabu

CARA KERJA SEO

Belajar seo 1
Sumber : pixabay.com

Bagaimana cara kerja dari mesin pencari atau google dan SEO untuk mengenali artikel yang relevan dan berkualitas? Google mempunyai algoritma tersendiri untuk mengenali dan menganalisa artikel yang sesuai dengan kaidah SEO. Dalam hal ini, ada 5 kaidah yang bisa membuat artikel kita bisa dikenali oleh mesin pencari yaitu :

  1. Banyaknya jumlah kata pada konten. Untuk jumlah kata pada suatu artikel atau konten sebisa mungkin terdiri dari minimal 700 kata.
  2. Gambar yang berkualitas pada konten. Jika kita membuat artikel harus ada gambar yang berkualitas agar bisa dikenali oleh mesin pencari, sehingga membuat pengunjung blog betah membaca artikel kita.
  3. Adanya internal link, di dalam artikel juga kita harus mensisipkan internal link yang relevan atau sesuai dengan tema dari artikel tersebut.
  4. Adanya outbond link. Begitupun dengan outbond link, link keluar sangat berpengaruh untuk memaksimalkan artikel kita agar bisa dikenal oleh mesin pencari.
  5. Membuat backlink yang berkualitas.

BAGAIMANA CARA MEMAKSIMALKAN ARTIKEL SESUAI SEO?

Belajar seo 2
Sumber : pixabay.com

Dalam hal memaksimalkan artikel kita untuk dapat bersaing dan berada di posisi halaman pertama google, ada beberapa tips yang dapat dijadikan acuan. Berikut tips yang bisa kalian coba untuk belajar memaksimalkan SEO pada artikel atau blog kalian.

  1. Riset Keyword, dalam hal ini, kalian bisa meriset kata kunci yang digunakan pada artikel yang dibuat. Sederhananya saja, jika sudah membuat tema untuk artikel, biasanya akan terlintas apa kata kunci yang akan digunakan untuk artikel tersebut.
  2. On – Page, terdiri dari : internal link, header / subheading, tag, alt & title tag, dan juga konten.
  3. Of – Page, biasanya Of – Page dilakukan dengan cara mendapatkan backlink dari website atau blog lain, misalnya kita membuat artikel di website lain lalu kita sisipkan keyword yang berisikan link menuju artikel kita. Lalu bagaimana cara mudah mendapatkan backlink ? Salah satu cara yang sangat mudah adalah dengan blogwalking dan memberi komentar pada blog tersebut. Selain memaksimalkan kinerja SEO, cara ini dapat menaikan DA/PA kita juga loh. Saya sudah membuktikannya sendiri.
  4. Evaluasi, jika kita sudah menerapkan sebagian tips di atas, lakukan evaluasi secara berkala. Beberapa situs berikut adalah senjata utama kita untuk melakukan evaluasi diantaranya :
  • WhatMySerp (klik di sini) adalah situs untuk mengetahui di poisisi berapakah konten yang sudah kita buat.
  • Google Analytics , yang satu ini wajib digunakan oleh para blogger untuk mengetahui seberapa besar traffic blog kita, berapa banyak pengunjung blog kita, dan berapa sajakah kalangan umur yang berkunjung ke blog kita dsb.
  • Google Webmaster Tools (daftar di sini), untuk optimasi blog kita agar selalu ter-index  dengan baik oleh mesin pencari. Di dalam GWT ini kalian bisa mengetahui link mana saja yang mengarah ke blog atau artikel kita, dan juga dapat mengevaluasi kinerja blog kita.

Untuk mendapatkan hasil yang maksimal dan masuk halaman pertama google, perlu dibarengi dengan usaha dan kerja keras. Kemauan belajar dan konsistensilah yang bisa membuat hasil maksimal. Oleh karena itu, tidak ada hasil yang instan dalam mempelajari ilmu SEO. Jika ada kekurangan atau ada yang ingin ditambahkan, sila memberi masukan di kolom komentar.

~Sekian

Tags
Show More

Related Articles

65 thoughts on “Belajar SEO Dasar Untuk Pemula, Gampang Ga Sih ?”

  1. aku udh beberapa kali mencoba buat mahamin SEO dg cara cari tau dr internet tapi masih ngambang pahamnya.
    makasih loh abang dayu atas artikelnya. linknya aku simpen di sticky note buat dibaca lagi dan lagi. terima kasih banyak lho ini

  2. Sabar, konsisten dan tawakal ya. Awalnya gue adalah orang yang ga terlalu mementingkan SEO ini karena sukanya nulis ya nulis aja tapi pas belajar bareng blohher hits ini sepertinya harus mulai mencoba menulis yang optimal sesuai SEO

  3. Masih PR banget nih belajar SEO. Selama ini mengandalkan aplikasi YOAST di blog, jadi klo lampunya udah ijo udah merasa aman. Padahal belum tentu ya, hehe. Memang betul harus bisa konsisten. Terimakasih infonya sangat bermanfaat.

  4. Sebagai bahan ajar, jelas banget penjelasan Bang Dayu
    Nah untuk pemula yang awam dunia blog seperti saya, sepertinya akan lebih asik diajarin langsung ya. Terima murid baru, ndak bang?

  5. Makasih dayu sharing nya. Sharing pengalaman, untuk blog pribadi SEO on page optimalin dulu udah cukup powerfull kok, off page butuh waktu sih. Apalagi minta backlink dari web yang berkualitas tinggi.

  6. “Salah satu cara yang sangat mudah adalah dengan blogwalking dan memberi komentar pada blog tersebut. Selain memaksimalkan kinerja SEO, cara ini dapat menaikan DA/PA kita juga loh. Saya sudah membuktikannya sendiri.”

    Iya sih, saya juga membuktikannya. Padahal blogwalking cuma di Kubbu saja, DA/PA naik pelan tapi pasti.

  7. Berguna… buat yg mau blog nya banyak dibaca orang. Kalau yg ngeblog cuma buat melepas tulisan, bodo amat dibaca apa enggak, atau cuma untuk dokumentasi biar lain kali gampang nyarinya, mgkn gak terlalu penting ya

  8. Masih PR nih mahamin SEO. Blm bisa konsisten mahaminnya, apalagi nge blognya. Tapi di kubbu jadi ada tularan semangat. Makasih Bang Day. Nanti bakal balik lagi nih ke artikel ini. Mau ceklist yg mana aja yg udah di terapin. Selama ini masih pakai aplikasi sama seperti Ka Maya Nirmala Sari

  9. Selama 2 bulan nulis sejak pakai web TLD. Nomor 1 yang masih susah buat diterapin. Ya jadi sesuka hati aja keywordnya. Entah ngaruh ke banyaknya pencarian tentang keyword itu atau gak, gak kepikiran sama sekali. Hahahaha

  10. Awalnya buat blog untuk nulis aja biar ga lupa. Cuma makin kesini, pengen tahu banyak tentang dunia blogger khususnya SEO. Tapi sampe sekarang masih gagap banget tentang SEO, ajarin dong bang

  11. Setiap abis bikin artikel suka buru2 ngepost.. payah lah gakbisa nerapin seo mulu.. #bloggerabal hiks.. padahal pengen banget bisa nerapin pelajaran yang dah didapet dari pelatihan. Ini emang harus diri sendiri sih yang gak boleh males.

  12. SEO itu adalah hal yang selalu mengingatkan….sering ketemu ulasannya, dan beberapa kali ikut pelatihannya….tetep aja belum nerap nerapin juga aku…huuuuft, mungkin nanti saat butuh atau dirasa menariknya baru kali yaa…

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Check Also

Close
Close
Lewat ke baris perkakas