AcaraUlasan

Mengenali Penyakit Parkinson Serta Gejala & Penyebabnya

Assalamualaikum kawan, bagaimana kabarnya nih? Saat ini kita sudah mulai masuk musim penghujan. Cuaca yang tak menentu menjadi tantangan sendiri bagi kesehatan tubuh kita. Apalagi, debu dan polusi bagi yang tinggal di kota besar juga menjadi salah dua yang bisa merusak kesehatan tubuh kita.

Berbicara soal kesehatan sendiri, semakin bertambahnya umur tantangan akan penyakit yang datang semakin banyak. Segala macam penyakit mudah hinggap di tubuh kita. Jika kita tidak memiliki gaya hidup yang sehat, maka rentanlah tubuh kita terkena berbagai penyakit. Dan salah satu penyakit yang akan saya bahas di artikel ini adalah penyakit Parkinson.

Apasih penyakit Parkinson itu? Menurut informasi yang saya dapat dari berbagai sumber. Penyakit Parkinson itu adalah dimana saraf tertentu akan memburuk secara bertahap kawan, nah si Parkinson sendiri bisa memperngaruhi otak yang berfungsi untuk menggerakkan tubuh. Akibat dari Parkinson penderitanya susah menggerakkan bagian tubuh, termasuk saat berbicara, berjalan, dll.

Nah pada hari Kamis yang lalu tepatnya di tanggal 07 November 2019, saya berkesempatan untuk hadir di acara Blogger & Vlogger Gathering yang diselenggarakan oleh Rumah Sakit Premier Jatinegara. Acara ini dimulai dengan makan siang terlebih dahulu tepatnya sekitar jam 12 siang. Rumah Sakit Premier ini tidak jauh dari Terminal Kampung Melayu kawan.

Penyakit, Parkinson
Blogger dan Vlogger yang hadir untuk belajar tentang Parkinson

Sehingga untuk datang ke lokasi aksesnya tidak sulit kenapa??? Karena di depan Rumah Sakit ini terdapat halte TransJakarta. Oh ya lanjut ke acara, acara ini dimulai pukul 13.00 dengan sebagai pembuka acara kegiatan, ada sambutan oleh beberapa pejabat Rumah Sakit. Untuk pematerinya sendiri adalah dr. Sukono Djojoatmodjo, Sp. S.

Dokter Sukono adalah dokter spesialis sarafa yang bekerja di RS Premier Jatinegara. Ada banyak penyabab penyakit Parkinson yang bisa menyerang tubuh seseirang loh kawan. Kata dokter Sukono yang memaparkan materi tentang penyakit ini, salah satu penyebab dari Parkinson adalah polusi. Polusi udara bisa loh menjadi awal dari Parkinson tetatpi, tidak hanya dari polusi.

Masih banyak lagi penyebab-penyebab seseorang bisa terkena Parkinson, lalu untuk gejalanya sendiri itu bisa kita ketahui loh. Dokter Sukono sendiri mengatakan kepada para peserta Blogger dan Vlogger, setidaknya ada beberapa hal yang bisa kita deteksi sebagai gangguan awal Parkinson. Jadi, apa saja gangguan awal Parkinson tersebut.

Yang pertama bisa dikenali dari gangguan motorik, dari gangguan motorik ini gejala awalnya adalah bisa diperhatikan dari tubuh yang sering mengalami tremor atau gemetar. Terutama gemetar di bagiantangan dan kaki kawan, lalu selain itu juga otot tubuh yang mudah kaku ditambah dengan gerakan tubuh yang semakin lambat.

Dari gerak tubuh yang semakin melambat, hal ini bisa menyebabkan tubuh gampang jatuh dan hilang keseimbangan. Untuk gejala lainnya dari Parkinson adalah kesulitan saat menelan makanan, dan juga kesulitan saat berkomunikasi saat kita berbicara. Istilah yang sebutkan oleh dokter Sukono dari pasiennya adalah “ngomongnya nyeret”.

Untuk gejala yang kedua adalah gangguan dari non-motorik, gangguan ini bisa berupa hilangnya indra penciuman, gangguan tidur, depresi, gampang halu, hingga bisa dari gangguan kejiwaan. Jika sudah ada gejala-gejala di atas kalian bisa langsung ke dokter kawan untuk memeriksanya.

Penyakit, Parkinson
Photo by : Dayu Anggoro

Nah untuk kalian yang tinggal di Jakarta Timur dan sekitarnya, apabila keluarga kalian mengalami gangguan tersebut. Bisa langsung datang dan periksa di Rumah Sakit Premier Jatinegara. Karena, di Rumah Sakit Premier Jatinegara ini ada dokter spesialis bedah saraf yang bisa menangani apabila ada gejala tersebut.

Apalagi ditambah Rumah Sakit Premier Jatinegara lokasinya mudah dijangkau. Tidak jauh dari Stasiun Jatinegara dan di depan Rumah Sakit ada halte TransJakarta. Semakin mudah kita memeriksa kesehatan terutama gejala Parkinson di Rumah Sakit ini.

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close

Adblock Detected

Please consider supporting us by disabling your ad blocker