Kuliner

Sego Jangkrik, Kuliner Lezat Khas Kota Kudus.

Sego Jagkrik

Assalamualaikum kawan, pada Adaptasi Kenormalan Baru seperti saat ini, apakah kalian sudah kangen untuk jalan-jalan atau kulineran? Nah kawanku, buat kalian yang sudah kangen banget nih dengan jalan-jalan atau kulineran. Pada artikel ini saya akan membahas tentang kuliner daerah yaitu sego jangkrik, makanan khas dari daerah Kota Kudus yang harus kalian coba saat berkunjung ke sana.

Kudus sendiri merupakan Ibu Kota dari Kabupaten Kudus yang terletak di Jawa Tengah kawan, berdekatan dengan daerah Jepara, Pati, Grobogan, serta daerah Demak. Selain itu, kudus juga dikenal dengan kota kretek atau kota penghasil rokok terbesar di Jawa Tengah lho, serta dikenal juga dengan kota santri pastinya.

Nah itulah sekilas tentang Kota Kudus kawan, untuk masakan khas daerahnya sendiri sebenarnya ada beberapa macam. Seperti Soto Kudus, Lentog Tanjung, Sate Kerbau dan Pindang Kerbau. Banyaknya makanan yang memakai daging Kerbau karena sudah turuntemurun, katanya sih, dulu untuk menghormati umat beragama lain yang mana sapi menjadi hewan suci, maka dari itu masyarakat Kudus lebih memilih untuk memasak daging kerbau dibanding daging sapi sebagai bentuk toleransi antar umat beragama.

Baca Juga Artikel Kuliner Abang Dayu Lainnya:

5 Rekomendasi Kuliner Ibu Kota versi Dari Halte Ke Halte

Bakso Seuseupan, Kuliner Kota Bogor yang Bikin Ngiler.

Mie Keriting Luwes, Pilihan Kuliner di Stasiun Sudirman.

Sajian Sego Jangkrik

sego jangkrik, khas kudus, makanan kudus, makanan khas kota kudus
Sumber: instagram.com/linda_ayu_muslimah

Yuk balik lagi ke bahasan sego jangkrik, makanan khas Kudus ini disajikan dengan alas daun jati. Seperti halnya nasi jamblang dari Cirebon yang sudah pernah saya tulis pada artikel sebelumnya (Nasi Jamblang Bu Nur, Makanan Khas Kota Cirebon). Sego jangkrik sendiri bukanlah makanan yang ada jangkriknya lho yah, melainkan hanya nama saja dan sama sekali tidak memakai jangkrik sebagai bahan masakannya.

Nah kawan, biasanya sego jangkrik ini dihidangkan dalam acara besar seperti pada acara Buka Luwur Sunan Kudus, acara ini biasanya diadakan setiap tanggal 10 Muharram. Namun, kalian tidak perlu khawatir jika ingin menyantap kuliner khas kota kretek ini. Sekarang sudah banyak ko yang menjual sego jangkrik, jadi tidak perlu menunggu sampai tanggal 10 Muharram heheh. Biasanya warung yang menjual sego jangkrik buka dari sore hingga malam hari di bilangan Jl. Sunan Kudus.

Isian seporsi sego jangkrik sendiri dihidangkan dengan sangat sederhana nan menggugah selera. Sepiring nasi putih hangat dengan masakan daging kerbau yang pedas juga gurih, tahu, sayuran, dipadukan dengan alas daun jati yang menambah lezat aroma masakannya, sehingga bisa membuat lidah kita manja untuk melahap makanan ini.

Baca Juga Artikel Kuliner Abang Dayu Lainnya:

Bakso Kumis Lapangan Blok S, Salah Satu Bakso Unik. di Jakarta Selatan

Kuliner Legendaris di Pasar Santa, Sate Padang Ajo Ramon

Bubur Stasiun Cakung, Kuliner yang Harus Dicoba.

Bumbu Olahan Sego Jangkrik

sego jangkrik, khas kudus, makanan kudus, makanan khas kota kudus
Sumber: ksmtour.com

Lanjut yuk, resep bumbu olahan lauk sego jangkrik atau bumbu jangkriknya terdiri dari bahan-bahan seperti cabai merah, bawang putih, lengkuas, tidak lupa ada santan juga pastinya. Untuk proses masaknya sendiri membutuhkan waktu yang cukup lama, karena lauk utama si daging kerbau harus direbus terlebih dahulu selama kurang lebih empat jam.

Karena tekstur daging kerbau yang lebih alot dari daging sapi, membuat proses merebusnya membutuhkan waktu yang lama, setelah daging kerbau direbus dan sudah matang serta empuk. Daging kerbau dicampur dengan bumbu jangkrik dan dimasak hingga bumbunya meresap ke daging hingga matang dan siap dihidangkan.

Nah bagaimana kawan? Kalian sudah penasaran dengan masakah khas daerah nusantara yang bisa menggugah lidah. Kalau kalian jalan-jalan, berwisata atau pulang kampung ke daerah Kudus, jangan lupa mencicipinya. Dan jangan lupa untuk terus melestarikan makan khas negeri kita dari berbagai daerah.

Terima kasih

Tags

Dayu Anggoro

Assalamualaikum, hai hai saya Dayu Anggoro, seorang penyandang disabilitas yang memiliki hobi membaca novel, jalan-jalan, kulineran, dan menulis. Selamat menikmati artikel di blog ini, semoga bisa bermanfaat untuk kalian yang membacanya.

Related Articles

6 Comments

  1. blm pernah makan kek bgnian, paling dulu jangkrik dimainin atau diadu ama adek. Rasanya kepengen sih utk coba makanan yg gak familiar ini hehe

  2. Duh jadi lapar bayanginnya. Ternyata nggak ada bahan jangkriknya sama sekali ya. Penasaran kok ada embel-embelnya jangkriknya hehehe. Kayaknya enak, jelang hujan gini jadi lapar.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Back to top button
Close
Close