LainyaUlasan

Cara Mudah Belajar SEO Bareng Kubbu BPJ.

Cara Mudah Belajar SEO Bareng Kubbu BPJ.

Siapa bilang belajar SEO itu sulit, apalagi jika kita memiliki blog yang sudah TLD. Belajar SEO tidak sesulit yang saya kira tetapi, membutuhkan waktu yang tidak cepat. Semua butuh proses agar artikel kita yang sudah SEO muncul diperingkat 1 halaman google.

Pada hari Sabtu tanggal 12 Mei 2018 yang lalu, saya bersama teman-teman mengikuti acara dari Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta. Lokasi acara tersebut bertempat di Perpustakaan Nasional RI lt.4 di Jl. Medan Merdeka Selatan11, Jakarta Pusat.

Saya berangkat dari rumah sekitar jam 7.30 wib karena acara dimulai jam 08.30. 1 jam sebelum acara saya sudah jalan dari rumah, menaiki Commuter line dari Stasiun Cakung dan turun di Stasiun Gondangdia. Tidak membutuhkan waktu yang lama untuk sampai ke lokasi, hanya memakan waktu sekitar 40menit.

Tiba di Perpustakaan Nasional

Beruntung sesampainya di lokasi acara, saya tidak terlambat dan masih tepat waktu. Acara tersebut adalah sesi pelatihan blog yang diadakan Kubbu BPJ atau singkatan dari Klub Buku dan Blogger Backpacker Jakarta. Sesi pelatihan kali ini berfokus pada tema “Konten SEO Untuk Blog dan Optimasi Blog”.

Sebagai pembicaranya Kubbu BPJ mengundang 2 orang yang berkompeten pada bidangnya masing-masing. Seperti pembicara yang pertama adalah Mba Nunik Utami, beliau adalah blogger juga penulis yang karyanya sudah lebih dari 50 buku. Selain penulis, Mbak Nunik ini adalah pembuat cerpen.

Selanjutnya pembicara yang kedua adalah Mba Inez Dwijayanti, Mba Inez saat ini berkecimpung di dunia praktisi Online Shop. Serta menjadi Trainer sosial media dan juga blogger tentunya. Kedua pengisi acaranya ini adalah orang-orang yang sudah tidak diragukan lagi di dalam dunia SEO dan blogger pastinya.

Memulai Belajar SEO Dengan Doa

Acara pun dimulai, diawali dengan doa bersama yang dipimpin oleh rekan kami yaitu Yudi. Salah satu member Kubbu BPJ yang mengikuti pelatihan blog bersama saya. Setelah pembacaan doa selesai, ada satu ciri khas dari Kubbu BPJ sebelum memulai acara selain berdoa. Menyanyikan lagu Indonesia Raya tentunya, hal ini sebagai bahan bakar semangat untuk melakukan kegiatan yang diselenggarakan oleh Kubbu BPJ.

Dan pembicara pertama pun datang, Mba Nunik mulai menjelaskan tentang materi konten SEO. Dalam hal ini menerapkan SEO di dalam artikel kita sangat diperlukan, untuk memaksimalkan agar artikel kita bisa lebih mudah dicari oleh mesin google. Dan juga dalam menerapkan SEO di dalam artikel, kita harus mempunyai tujuan dan sasaran.

Untuk yang belum mengetahui apa itu SEO saya akan sedikit memberi penjelasan. SEO adalah sebuah singkatan dari Search Engine Optimazation atau Optimasi Mesin Pencari seperti contohnya google. Nah, SEO disini adalah sebuah teknik atau cara alami untuk memaksimalkan agar artikel kita di blog/website supaya lebih dikenal oleh mesin pencari seperti google. Tujuanya sendiri untuk meningkatkan Traffic pada blog kita. Apalagi untuk Internet Marketing  ini sangat berguna agar menarik banyak pengunjung dan menambah Traffic pada web.

Baca Juga :

Kebijakan Penanganan Kemacetan di Jabodetabek

Ingin Mengirim Barang, Kini Bisa Melalui Alfatrex

Kuliah Itu Tidak Enak

Pendakian Gunung Prau Insiden di Jalur Dieng

Tujuan dan sasaranya sendiri adalah artikel kita diperuntukan untuk apa? Apakah untuk blog, internet marketing, atau bisnis online. Di dalam menerapkan SEO kita harus butuh banyak bersabar dan kerja keras. Karena tidak ada yang instan atau langsung jadi. Untuk benar-benar menguasai SEO dalam blog kita harus banyak berlatih dan belajar.

Mbak Nunik Sedang Menjelaskan Konsep Dasar SEO
Mba Nunik Sedang Memberikan Materi (Dokumentasi  By Grup Kubbu)

Konsep Dasar Dalam Belajar SEO

Selanjutnya adalah syarat membuat SEO atau konsep dasarnya adalah sebagai berikut :

  1. Membuat artikel sebanyak 1000 kata
  2. Pemilihan Tema yang tepat
  3. Pemilihan Keyword
  4. Membuat judul yang semenarik mungkin
  5. Mengupload gambar di artikel
  6. Membuat Internal dan External Link di artikel
  7. Membuat Meta Description
  8. Menggunakan Subheading

Tema dan Keyword Untuk SEO

Tema, untuk membuat tema kita perlu update pada dunia sekitar kita. Membuat artikel bisa dengan tema yang sedang popular di masyarakat, ataupun kita bisa mengambil tema dari opini ataupun hal yang baru saja kita alami. Seperti acara seminar contohnya. Selanjutnya adalah Keyword, untuk membuat Keyword di dalam artikel kita supaya sesuai dengan kaidah SEO. Ada beberapa macam cara dan tehnik yang harus dilakukan seperti :

  1. Keyword utama
  2. Longtail Keyword adalah untuk arah pembahasan artikel, tidak perlu sering diketik sesering keyword utama
  3. Keyword semantik adalah pemgembangan dari Keyword utama dan berbeda dengan Longtail Keyword, keyword semantic inilah yang harus sering kita ketik di dalam artikel.

Lalu membuat judul, di sini kita harus menempatkan Keyword utama artikel di dalam judul artikel yang akan kita buat. Dan dalam pemilihan judul, kita perlu menggunakan kata-kata yang menarik untuk memikat pembaca. Agar pembaca setelah melihat judul menjadi penasaran dan membaca artikel kita sampai habis. Selanjutnya adalah Subheading, dalam membuat Subheading Mba Nunik menganjurkan untuk menggunakan Subheading 3.

Peserta Belajar SEO
Para Peserta yang Sedang Serius Menyimak (Dokumentasi By Grup Kubbu)

Agar artikel kita terlihat rapih. Selain itu jangan lupa juga untuk menambahkan Link External dan Internal di dalam artikel. Hal ini guna memaksimalkan SEO pada artikel kita. Nah untuk foto, Mba Nunik menyarankan agar foto yang kita upload merupakan milik sendiri, di-Rename dengan memasukan Keyword & nama blog kita. Ataupun bisa mengambil gratis dari web yang menyediakan gambar gratis.

Selanjutnya adalah metadecription, dalam hal ini harus mengandung maksimal 156 kata. Juga di dalam Meta Description kita juga harus memasukan Keyword utama pada artikel. Yang terakhir adalah sebisa mungkin artikel kita menggunakan Ejaan Bahasa Indonesia atau EBI. Dan untuk materi selanjutnya yang dibawakan oleh Mba Inez adalah cara optimasi blog.

Cara Mengoptimasikan Blog

Ada beberapa cara optimasi web atau blog yang pertama cara mendatangkan traffic menggunakan cara organik atau sesuai dengan SEO. Dan yang kedua adalah dengan cara berbayar. Dan cara berbayar ini bisa menggunakan facebook seperti contohnya Facebook Ads.

Mba Inez sedang memberikan materi
Mba Inez Sedang Memberikan Materi (Dokumentasi  By Grup Kubbu)

Serta jika menggunakan Google seperti Google Adwords. Lalu Mba Inez juga menjelaskan bagaimana caranya agar kita bisa memonetize blog kita. Salah satunya adalah dengan cara Review Produk dan menggunakan Google Adsense.  Dan yang terakhir dari materi Mba Inez yakni tentang Google Analytics. Dengan Google Analytics kita bisa mengetahui bog kita perhari dikunjungi oleh berapa orang. Dan juga sekaligus memantau Traffic artikel kita setelah diupload ke blog. Serta kita bisa mengetahui usia berapa sajakah blog kita dibaca oleh pengguna internet dll.

Acarapun ditutup dengan doa dan foto bersama. Menurut saya yang masih baru bermain blog, belajar SEO itu sungguh menyenangkan. Apalagi SEO itu penting untuk kita dalam bermain blog terutama yang sudah TLD. Banyak cara untuk mempelajari SEO, selain datang ke pelatihan-pelatihan. Di Google juga banyak materi yang membahas SEO ini, semua tergantung kita yang niat atau tidak untuk belajar.

~Terima kasih dan semoga bermanfaat.

Tags
Show More

Related Articles

86 Comments

  1. Kemarin saya engga ikut krn bentrok dg acara lain, nyesel deh. tapi dg materi SEO yang dishare di grup ditambah baca tulisan ini setidaknya gak nyesel2 banget. makasi yaa tulisannya 🙂

  2. Mantap Bangday. Aku juga dari yang awalnya buta banget tentang SEO, gara-gara pelatihan SEO ini jadi nambah ilmu baru. Cuma belum nerapin aja nih. Next mau di terapin dulu, siapa tau tulisan bisa nangkring di page one.

  3. Ajib ya materi pelatihan dari KUBBU! Menuliskan materi biar tetep nancep terus, terdokumentasi dan jadi manfaat buat yang baca. Oh, ya, selamat ya jadi peserta terbaik kedua! Gas terrussss!

  4. Keren banget nih acaranya Kubbu, sayang banget saya gak dateng. Untung, saya bisa baca ulasannya disini. Terima kasih Kak sudah berbagi.

  5. Kemarin, dateng pas mbak Inez, ketinggalan materi Mbak Nunik. Makasih Bang udah di-review hehehe

    Thank you so much. Newbie banget nih di dunia blog. Kudu berguru dulu sama Bang Dayu

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close