LainyaMakanUlasan

Buah Pear dan Berbagai Manfaatnya.

Siapa yang suka makan buah hayooo? Saya suka makan buah meskipun jarang-jarang si. Dibanding sayuran, saya lebih jarang mengkonsumsi buah. Padahal mengkonsumsi buah-buahan setiap hari itu sangat penting loh. Seperti contohnya buah pear, buah apel, pisang dan lain sebagainya. Konsumsi buah penting untuk menjaga kesehatan tubuh kita.

Tidak bisa dipungkiri masyarakat Indonesia dalam mengkonsumsi buah-buahan itu tingkatnya masih rendah. Bayangkan saja, menurut standar dari WHO dalam mengkonsumsi buah harus 400 gram per kapita per hari. Sedangkan masyarakat kita masih di bawah standar dalam mengkonsumsi buah-buahan setiap harinya. Padahal di Indonesia tidak kekurangan yang namanya buah.

Banyak sekali buah-buahan yang dapat tumbuh dengan subur di negara kita ini. Berbicara soal buah-buahan, saya akan membahas salah satu buah yang mungkin banyak digemari oleh masyarakat. Buah pear (pir), siapa yang tidak tahu akan buah yang satu ini. Memiliki bentuk yang mirip dengan apel buah ini memiliki banyak manfaat untuk tubuh kita loh.

Kampanye dan Sejarah Buah Pear

Pada tanggal 27 November 2018 yang lalu, saya Bersama SEMBUTOPIA berdiskusi akan manfaat buah pear. Diskusi ini bertempat di sebuah restoran di daerah Jakarata Selatan. Diskusi yang berlangsung dengan pembicara Kafi Kurnia ini adalah dalam rangka kampanye Supear. Apa itu kampanye Supear? Kampanye ini adalah sebuah gerakan dari SEMBUTOPIA untuk menyambut hari buah pear sedunia.

Sembutopia, buah pir, makan buah pir, seminar buah pir
Dokumentasi by Dayu Anggoro

Hari buah pear sedunia ini jatuh pada tanggal 1 Desember 2018, maka dari itu SEMBUTOPIA mengkampanyekan gerakan makan buah pear. Oh iya kalian tahu tidak, ternyata buah pear yang asli itu berasal dari tenggara Eropa dan Asia barat. Buah tersebut adalah leluhur atau nenek moyangnya buah pear yang populer saat ini. Jenis pear Anjou, Bosc, dan Comice adalah yang pertama dibudidayakan di Perancis dan Belgia.

Untuk rasanya bertekstur halus dan lezat, juga umur penyimpanannya yang lama. Sedangkan di Amerika Utara, buah ini dibawa oleh orang Inggris dan orang Eropa lainnya selama masa kolonial. Buah pear modern saat ini tumbuh subur di seluruh dunia. Namun tidak ada area lain yang cocok dengan pertumbuhan ideal seperti kondisi di Pasific Notrhwestern Amerika Serikat.

Di tempat ini kombinasi sempurna dari tanah, iklim yang sejuk, dan air yang melimpah. Mengahasilkan buah  yang gemuk, beraroma penuh, dan berair juice yang berlimpah. Selain sejarah dan kelezatan buah pear tadi, ada beberapa manfaat buah ini untuk kesehatan kita. Beberapa manfaat inilah yang sangat dianjurkan agar kita banyak mengkonsumsi buah yang satu ini.

Baca juga : Bakso Kumis Lapangan Blok S, Salah Satu Bakso Unik.

Nasi Jamblang Bu Nur, Makanan Khas Kota Cirebon.

Sate Padang Ajo Ramon, Kuliner Legendaris.

Bubur Stasiun Cakung, Kuliner yang Harus Dicoba.

Manfaat Dari Pear

Buah pir hijau, buah pir, manfaat buah pir, buah pir enak, buah pir impor, buah pir indonesia, buah-buahan.
Sumber (pixabay.com)

Berikut beberapa manfaat dari buah pear untuk kesehatan tubuh kita :

  1. Kandungan Antioksidan Untuk Melawan Radikal Bebas

Para pakar kesehatan menyebutkan kalau buah yang satu ini, yang sudah matang sangat kaya akan kandungan antioksidan. Jika rutin mengkonsumsinya, khasiat dalam tubuh akan lebih baik dalam melawan berbagai radika bebas.

  1. Memperkuat Sistem Imun

Buah ini ternyata juga sangat kaya akan kandungan vitamin C dan K. Tingginya vitamin C tentu akan sangat baik untuk sistem imun tubuh. Juga membantu tubuh menyerap zat besi dengan lebih baik, sehingga produksi sel darah menjadi lebih baik.

  1. Mengurangi Risiko Terkena Kanker

Mengkonsumsi pear dapat memenuhi 8 persen asupan vitamin K harian yang akan menurunkan risiko terkena kanker hingga 45 persen lebih rendah.

  1. Melancarkan Pencernaan

Buah ini ternyata kaya akan serat dimana asupan serat larut dan tak larut. Pada satu buah pear saja bisa mencapai 5 gram atau sekitar 20 persen kebutuhan harian tubuh kita dan bisa memperlancar pencernaan dalam tubuh.

  1. Menyehatkan Otak

Menkonsumsi satu buah pear bisa membuat kita mendapatkan asupan copper (mineral minor) harian sebanyak 15 persen. Kandungan copper ini bisa memperbaiki kekuatan sistem saraf dan membantu kinerja otak jauh lebih baik.

  1. Menurunkan Berat Badan

Nah poin ke enam ini sangat cocok untuk kalian kaum-kaum atau golongan yang sedang diet hehehe. Karena kaya akan serat membuah pear kalau dikonsumsi akan kenyang lebih lama dan juga rendah kalori

  1. Detox

Buah pear mengandung sekitar 84 persen air sehingga membantu menjaga kotoran lembut dan menyiram system pencernaan dari racun.

Nah sekarang bagaimana kawan ? Masih mau jarang memakan buah-buahan setiap hari. Kalau saya si akan memulai untuk rajin makan buah seperti pear dan buah lainnya untuk menjaga kesehatan tubuh.

~Terima kasih

Tags
Show More

Related Articles

8 Comments

  1. buah pear kalo beli di Mall harganya mahal-mahal tapi kualitas memang tidak membohongi harga. apapun demi kesehatan pasti tidak sedikit orang yang makan buah yang banyak manfaatnya ini. ternyata buah ini juga mengandung detox juga. waw

  2. Wah, baru tahu kalo buah pear bisa meningkatkan kinerja otak. Ku sedaridulu doyan banget sama buah pear, selain buahnya yang super seger banget. Pear juga bisa menetralisir dehidrasi dan bikin kenyang. Nice info mas 🙂 Jadi pengen mengkonsumsi banyak pear nih.

Tinggalkan Balasan

Alamat email Anda tidak akan dipublikasikan. Ruas yang wajib ditandai *

Close